Berita Belitung

Sosialisasi Penggunaan Bea Meterai, KPP Pratama Tanjungpandan Gandeng Kantor Pos

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menggelar sosialisasi penggunaan bea meterai

Sosialisasi Penggunaan Bea Meterai, KPP Pratama Tanjungpandan Gandeng Kantor Pos
IST/dok pribadi Azmat
Kepala KPP Pratama Sugeng dan Kepala Kantor Pos Tanjungpandan Azmat membuka acara sosialisasi bea meterai, Senin (28/10/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG  - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tanjungpandan menggelar sosialisasi penggunaan bea meterai dalam kegiatan transaksi sehari-hari dengan menggandeng Kantor Pos Tanjungpandan.

Acara yang digelar di aula KPP Pratama Tanjungpandan itu dijadwalkan selama lima hari dengan mengundang para wajib pajak khususnya di bidang perhotelan, rumah makan atau restoran, jasa kesehatan, dan distributor selama lima hari mulai tanggal 28 Oktober sampai 1 November 2019.

Kepala KPP Pratama Sugeng Pamilu Karyawan bersama Kepala Kantor Pos Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa hadir membuka acara tersebut.

“Tujuan dari acara ini adalah memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan bagi wajib pajak. Materinya terkait kewajiban penggunaan bea meterai mulai dari objek, subjek, saat terutang, jenis, tarif, dan cara pelunasan bea meterai, serta pemeteraian kemudian agar terjadi peningkatan kepatuhan," ujar Kepala KPP Pratama Sugeng, Selasa (29/10/2019).

Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi I KPP Pratama Tanjungpandan Defti Juniarza mengatakan bahwa acara sosialisasi tersebut digelar selama lima agar lebih efektif untuk sesi konsultasi atau tanya jawab sehingga peserta lebih paham dalm penerapannya.

Para peserta banyak yang menanyakan mengenai kwitansi atau tanda terima pembayaran yang mempunyai harga nominal lebih dari Rp 250.000 sampai dengan Rp 1.000.000 dikenakan Bea Meterai dengan tarif sebesar Rp 3.000.

Sedangkan, pemeteraian dengan tarif Rp 6.000 diwajibkan untuk kwitansi/tanda terima pembayaran yang mempunyai harga nominal lebih dari Rp 1.000.000.

Misalnya transaksi di rumah makan atau hotel yang biayanya Rp 500 ribu itu akan dikenakan bea meterai. Pengenaan bea meterai tersebut sebenarnya yang ingin disampaikan kepada wajib pajak penerima jasa.

Senada dengan itu Kepala Kantorpos Tanjungpandan Azmat Nuzul Pasa menjelaskan Kantor Pos Tanjungpandan selaku pengedar meterai akan memfasilitasi pemenuhan kebutuhan meterai baik dari persediaan, penyebaran penjualan.

Bahkan pihaknya siap memberikan layanan jemput bola ke perkantoran, toko-toko, swalayan, hotel, restauran, distributor dan pelaku usaha lainnya.

"Apalagi Kantor pos buka sampai malam. Belum lagi di agen pos kami baik yang berupa toko, swalayan seperti Babelmart, Neskymart dan lainnya juga melayani penjualan meterai. Anda hubungi kami, Pak Pos siap mengantar meterai anda," kata Azmat.

(posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved