Berita Belitung

Desa/Kelurahan di Belitung Diminta Untuk Wujudkan GISA

Masyarakat mendukung terlaksananya GISA kependudukan di tengah masyarakat Kabupaten Belitung.

Desa/Kelurahan di Belitung Diminta Untuk Wujudkan GISA
Posbelitung/Disa Aryandi
Kegiatan pencanangan Desa/Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Kampung Keluarga Berencana (KB) dan sosialisasi GISA Kependudukan yang diadakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung, Rabu (30/10/2019) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Asisten Bidang Administrasi Setda Pemkab Belitung Ita Wahyu mengatakan, mendukung atas pencanangan Desa/Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Kabupaten Belitung.

Ia mengajak masyarakat mendukung terlaksananya GISA kependudukan di tengah masyarakat Kabupaten Belitung. 

Menurut Ita yang harus dipahami, membangun ekosistem pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, merupakan upaya yang harus dibangun oleh seluruh pihak.

"Tidak terkecuali kesadaran itu harus dibangun dari ASN sendiri, pemerintah desa, maupun kecamatan," kata Ita, Rabu (30/10/2019).

Kesadaran itu harus ditunjukkan dengan empat point, yakni sadar kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data penduduk, sadar pemanfaatan data penduduk sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan dan sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia.

"Untuk meningkatkan kesadaran tersebut, khususnya kesadaran masyarakat, yang perlu dilaksanakan secara terus-menerus, meningkatkan pelayanan publik, khususnya yang berkaitan dengan administrasi kependudukan," jelas Ita.

Ia menilai kegiatan ini, diketahui setiap peserta. Untuk itu Ita mengajak pemerintahan desa dan masyarakat desa yang ditetapkan sebagai Desa GISA,   menjadi motivasi bagi desa se- Kabupaten Belitung, agar dapat membina warganya untuk sadar administrasi kependudukan. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved