Advertorial

Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Canangkan Desa/Kelurahan GISA

DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung melakukan pencanangan Desa/Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA)

Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Canangkan Desa/Kelurahan GISA
ist/Dinas Kependukan dan Pencatatan Sipil Canangkan Desa/Kelurahan GISA
DINAS Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung melakukan pencanangan Desa/Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Kampung Keluarga Berencana (KB) dan sosialisasi GISA Kependudukan di ruang pertemuan Pemkab Belitung, Rabu (30/10). 

POSBELITUNG,CO,BELITUNG--  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung melakukan pencanangan Desa/Kelurahan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) di Kampung Keluarga Berencana (KB) dan sosialisasi GISA Kependudukan di ruang pertemuan Pemkab Belitung, Rabu (30/10/2019).

Kegiatan yang dibuka Asisten Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Belitung, Ita Wahyuni mewakili Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) ini dihadiri puluhan peserta dari pemerintah desa dan kelurahan.

Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung, Robert Horison didampingi Sekretaris Dukcapil Kabupaten Belitung, Mustopa memberikan pemaparan dihadapan peserta terkait pencanangan Desa/Kelurahan GISA di Kampung KB dan Sosialisasi GISA Kependudukan.

“Kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi penuh kepada masyarakat, agar sadar dengan persoalan adminduk (administrasi kependudukan). Sampai sekarang untuk urusan adminduk ini sudah tercapai 100 persen,” kata Robert Horison kepada Posbelitung.co, Rabu (30/10/2019).

Menurutnya, sudah ada 10 desa di Kabupaten Belitung masuk pencanangan Desa/Kelurahan GISA. Ke-10 desa tersebut yakni Desa Juru Seberang, Aik Rayak, Tanjung Rusa, Pulau Seliu, Suak Gual, Petaling, Badau, Aik Batu Buding, Tanjung Tinggi dan Desa Sungai Padang. Empat desa diantaranya merupakan Kampung KB yakni Desa Juru Seberang, Suak Gual, Petaling dan Aik Batu Buding.

“Ini adalah tahun pertama, dan nanti akan berlanjut lagi ke tahun berikutnya. Kalau semua desa sudah menjadi Kampung KB, nanti didorong untuk menjadi Kecamatan GISA. Selanjutnya kalau sudah semua menjadi Kabupaten GISA dan seterusnya, menjadi Provinsi GISA,” ujarnya.

Robert minta kepada seluruh desa untuk terlibat dan mengingatkan kepada masyarakat agar sadar adminduk. Lantaran seluruh penduduk wajib memiliki dokumen kependudukan. Pasalnya selama ini, dokumen kependudukan hanya sekedar untuk dimiliki saja.

“Tapi belum kepada pemuktahiran data dan pemanfaatan data. Pemuktahiran data misalkan di KK (Kartu Keluarga) sewaktu anak baru lahir dibuat belum sekolah, nah di perbaharui nanti setelah dia mau kuliah. Nah ini menjadi numpuk,” jelasnya.

Robert berharap, melalui kegiatan sosialisasi ini, tingkat kepemilikam dokumen kependudukan dan pemuktahiran data yang ada di Belitung, semakin meningkat. “Pada gilirannya nanti seluruh desa sudah menjadi desa yang sadar adminduk. Mengenai fluktuasi atau perkembangan pindah datang atau lahir mati dan sebagainya ter update setiap hari dan setiap minggu,” katanya.

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Setda Pemkab Belitung, Ita Wahyu mengatakan sangat mendukung atas pencanangan Desa/Kelurahan GISA di Kabupaten Belitung.

Halaman
123
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved