DPRD Belitung Bimtek Peningkatan Kapasitas Regulasi di Jakarta

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas tugas pimpinan

DPRD Belitung Bimtek Peningkatan Kapasitas Regulasi di Jakarta
ist
SUASANA Bimtek DPRD Kabupaten Belitung oleh Sekretariat DPRD bekerja sama LPPM Universitas Jayabaya 

POSBELITUNG.CO--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) dalam rangka peningkatan kapasitas tugas pimpinan, anggota, dan sekretariat DPRD, yang dilaksanakan sekretariat DPRD bekerja sama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jayabaya.

Kegiatan ini mengusung tema, memahami kinerja keuangan daerah dan penyusunan anggaran pendapatan daerah (APBD) 2020 - 2021, teknik menyusun pokok pikiran (Pokir) DPRD berkualitas, arah baru pengelolaan tata kelola APBD 2020, sosialisasi dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) pusat ke daerah.

Kegiatan yang digelar di Hotel Ibis Styles Jakarta Pusat, 31 Oktober hingga 3 November 2019 itu, dengan berbagai regulasi yang menjadi acuan haruslah senantiasa disosialisasikan agar dipahami dan manjadi acuan dalam setiap tugas, peran, dan fungsi bagi setiap pimpinan, anggota, dan sekretariat DPRD.

Adapun materi disampaikan oleh narasumber yang berkompoten dan terlibat langsung sebagai perancang regulasi sehingga dapat terjadi interaksi dan tanya jawab untuk mebangun pemahaman yang sama.

FOTO bersama Bimtek DPRD Kabupaten Belitung di Jakarta
FOTO bersama Bimtek DPRD Kabupaten Belitung di Jakarta (ist)

Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori mengatakan kegiatan itu selain mempersiapkan penyusunan APBD 2020 juga dalam rangka peningkatan kapasitas tugas dan fungsi DPRD, diharapkan mampu menambah wawasan.

"Terutama terhadap fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan untuk mendukung terhadap jalannya pembangunan Pemerintah Kabupaten Belitung," kata Ansori.

Sehingga dengan peningkatan kapasitas pimpinan, anggota, dan sekretariat DPRD, akan semakin membuat sinergitas antara pihak legislatif dan eksekutif.

"Dengan menghadirkan pemateri dari Tim Kemendagri yang tentunya saran, masukan dan kritisi dalam pembelajaran yang diberikan ke depannya menuju keberhasilan DPRD," katanya.

"Agar terhadap tugas dan fungsinya dalam membantu berjalannya proses pembangunan di Kabupaten Belitung semakin optimal," katanya.

Ansori yang juga selaku koordinator peserta Bimtek mengantusias dan mengapresiasi terhadap pelaksanaan Bimtek.

“Dengan kegiatan Bimtek tersebut, diharapkan SDM para wakil rakyat menjadi lebih baik dalam menjalankan tupoksinya melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah dan sebagai penyambung lidah rakyat,” ujarnya. (*)

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved