Berita Belitung

Ini Penjelasan Danpasmar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah Soal Kekuatan Magrove

Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Jumat (1/11/2019) ikut melakukan penanaman bibit mangrove

Ini Penjelasan Danpasmar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah Soal Kekuatan Magrove
Posbelitung/Disa Aryandi
Pasukan marinir ikut tanam 4.000 pohon mangrove, Jumat (1/11/2019) di di area HKM Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Jumat (1/11/2019) ikut melakukan penanaman bibit mangrove di area HKm Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Namun sebelum melakukan penanaman pohon mangrove itu, terlebih dahulu jenderal bintang satu tersebut membeberkan tentang manfaat pohon mangrove, ketika melakukan upacara pembukaan penanaman pohon mangrove.

Ia mengatakan, Indonesia memiliki mangrove lebih kurang 3,7 juta hektar. Jutaan hektar itu menyimpulkan, Indonesia memiliki kawasan hutan mangrove terluas di Asia, bahkan di dunia. Hutan mangrove memiliki keistimewaan baik, dari aspek fisik, ekologi dan ekonomi.

"Bahkan dari sisi fisik pohon mangrove memiliki akar yang banyak dan pohonnya sangat kokoh, dan mampu memcegah bahaya tsunami, ombak dan abrasi laut," kata Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, ketika memberikan arahan.

Menurutnya, dari sisi ekologi, pohon mangrove mampu berfungsi sebagai filter polusi air, dan udara, lantaran dapat tumbuh pada kondisi tanah berlumpur/limbah dan menyerap polutan/asap dari udara.

Lanjut dia, pohon mangrove sebagai habitat tempat hidup dan berkembang, baik jenis ikan serta biota laut lainnya. Selain itu, keberadaan pohon mangrove itu berpotensi, sangat besar untuk dikembangkan menjadi wisata alam.

"Tentunya manfaat yang begitu besar ini, perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu- membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove," bebernya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved