Advertorial

Belitung 10K Ajang Mencetak Atlet-atlet Baru

Belitung Run 10K yang digelar bersamaan rangkaian HUT Ke-74 Marinir berlangsung meriah

Belitung 10K Ajang Mencetak Atlet-atlet Baru
ist/ Belitung 10K Ajang Mencetak Atlet-atlet Baru
BELITUNG Run 10K yang digelar bersamaan rangkaian HUT Ke-74 Marinir berlangsung meriah, Minggu (3/11). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Belitung Run 10K yang digelar bersamaan rangkaian HUT Ke-74 Marinir berlangsung meriah, Minggu (3/11). Ratusan atlet dari berbagai kategori ambil bagian dalam ajang tahunan yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Belitung tersebut.

Tahun ini adalah event keenam kalinya yang mana panitia menyiapkan total hadiah Rp 150 juta. Gelaran tersebut merupakan bagian sport tourism demi memajukan sektor pariswata.

Pelari Belitung yang juga atlet Pelatnas masih digdaya. Ia menyabet emas kategori umum setelah menyentuh garis finis pertama di kawasan Pantai Tanjungpendam, Tanjungandan.

Disusul dua atlet Pelatnas lainnya, Ratjong Rio Purwanto dari Jawa Timur dan Johan dari Palembang.

“Belitung 10K ini sudah berhasil menciptakan atlet lari seperti Robby. Jadi selain sebagai sarana atraksi, acara ini juga dalam rangka menciptakan Robby baru,” ujar Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem), kemarin.

Dispora Belitung rencananya akan membuka kategori pelari internasional pada ajang serupa tahun depan. Itu melihat antusiasme peserta yang terus meningkat serta demi mendorong kemajuan pariwisata.

“Tadi saya sudah ngobrol dengan pak bupati dan sekda (sekretaris daerah), mereka menyarankan agar dibuka kategori pelari internasional,” ujar Kepala Dispora Soebagio.

Dibanding tahun sebelumnya, lanjutnya, jumlah peserta dari luar daerah Bangka Belitung terus bertambah meskipun tidak signifikan. Di antaranya dari Sumsel, Jatim, Jabar, dan Nusa Tenggara Timur.

Meskipun berjalan lancar, namun Soebagio mengakui masih terdapat kekurangan yang harus dievaluasi. Seperti ukuran jarak rute yang ditempuh dan jumlah medali finisher.

“Tapi memang kembali lagi dengan kemampuang anggaran kita,” ucapnya.

Ia berharap melalui event Belitung 10K akan muncul bibit-bibit pelari baru dari Belitung yang akan bersaing di kancah lebih tinggi. Saat ini atlet lari dari Belitung, Robby Sianturi tengah menjalani training center Pelatnas persiapan SEA Games.

“Memang seperti Robby, Ratjong Rio Purwanto, dan Jauhari Johan itu atlet Pelatnas yang sengaja kami undang,” ujar Soebagio. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved