Dinkes Provinsi Bangka Belitung Apresiasi Lomba Desa Siaga di Beltim

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bahuri mengapresiasi Ajang Kampung Sehat Lomba Desa Siaga tingkat

Dinkes Provinsi Bangka Belitung Apresiasi Lomba Desa Siaga di Beltim
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Penguji dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bahuri 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bahuri mengapresiasi Ajang Kampung Sehat Lomba Desa Siaga tingkat kabupaten tahun 2019.

Lomba ini digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Timur, Senin (4/11/2019) di Ruang Pertemuan Dinkes Beltim.

Bahuri yang sekaligus penguji dalam lomba ini menuturkan lomba ini baik dalam memberdayakan masyarakat terkait komitmen mereka dalam mewujudkan suasana yang sehat melalui desa siaga.

"Tak bisa dipungkiri peran pemerintah desa sangat strategis dalam rangka mewujudkan harapan tersebut. Karena itulah pihak desa sangat dilibatkan dalam lomba ini," terang Bahuri.

Ajang-jang seperti ini, lanjutnya, harus mengolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak supaya hasilnya maksimal. Kemudian harus digalakkan di semua daerah di Babel.

"Ini lomba pertama yang dilaksanakan di Babel. Jadi kami sangat mengapresiasi sekali," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Desa Siaga Desa Mengkubang Kecamatan Damar Supiandi mengatakan pihaknya tidak ada persiapa khusus karena memang desa siaga di tempatnya sudah berjalan sejak 2017/2018.

"Kendalanya hanya pada dokumentasi. Dari 2017 kami jalan tidak punya dokumentasi yang memadai. Karena kami hanya menjalankan fungsi desa siaga yang cepat dan tanggap atas masalah kesehatan. Tidak terpikir bahwa akan dilombakan," ujarnya kepada posbelitung.co, Senin (4/11/2019).

Senada dengan Supiandi, Kepala Desa Simpang Pesak Suryanto juga tidak memiliki kendala berarti dalam menyiapkan lomba ini. Pihaknya sudah memersiapkannya secara matang melalui musyawarah dan pertemuan dengan puskesmas dan masyarakat mengenai hal ini.

"Masyarakat sudah mulai ada kesadaran dalam menjaga kesehatan. Kader desa siaga berjalan optimal dan kami harap dengan adanya lomba ini bisa memacu masyarakat Desa Simpang Pesak supaya terus sehat," harap Suryanto.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved