Berita Belitung

Bantu UMKM, Pegadaian Sosialisasikan Program Express Loan Direct, Pinjaman Tanpa Agunan

PT Pegadaian Persero Cabang Tanjungpandan mensosialisasikan program terbarunya yakni Express Loan Direct.

Bantu UMKM, Pegadaian Sosialisasikan Program Express Loan Direct, Pinjaman Tanpa Agunan
Posbelitung/Bryan Bimantoro
Suasana sosialisas program terbarunya Express Loan Direct oleh PT Pegadaian Persero cabang Tanjungpandan di Aula Kantor Camat Manggar, Selasa (5/11/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- PT Pegadaian Persero Cabang Tanjungpandan mensosialisasikan program terbarunya yakni Express Loan Direct.

Program ini merupakan pinjaman tanpa agunan yang dihadirkan membantu pelaku UMKM di Belitung Timur.

Program ini merupakan program bantuan pembiayaan bagi UMKM yang sudah berdiri minimal enam bulan. Pinjaman ini bersifat tanpa agunan atau penjaminan karena sifatnya pencairan langsung.

"Uang pinjaman pertama satu sampai dua juta. Setelah lunas baru bisa meminjam lagi maksimal lima juta," jelas Kepala Kantor Pegadaian Cabang Tanjungpandan Sujono melalui Analis Kredit Pegadaian Cabang Tanjungpandan Nicho Noprendy kepada Posbelitung.co, Selasa (5/11/2019).

Namun untuk mengikat akad fidusia, sambungnya, secara otomatis sistem akan membuatkan tabungan emas dari pegadaian dan mengunci dana pencairan sebesar 2,5 persen dari uang pinjaman.

"Tenor pinjaman loan express direct ini memiliki tenor 12, 18, 24, dan 36 bulan," kata Nicho.

Lebih lanjut, Nicho menjelaskan nanti akan ada petugas khusus yang membantu penagihan ke nasabah. Petugas ini tidak hanya menagih, namun juga akan memberikan masukan-masukan serta inovasi bagi usaha nasabah supaya lebih berkembang.

Camat Manggar yang menjadi tuan rumah sosialisasi ini menyambut baik program pegadaian ini. Menurutnya, program ini bisa membantu pelaku usaha dan pemuda-pemuda yang belajar berwirausaha dari segi pembiayaannya.

"Program ini bagus karena bisa mengakomodir pelaku usaha kecil. Semoga ke depannya tidak hanya Pegadaian saja tapi juga BUMN lain serta tidak menutup kemungkinan perusahaan swasta lain juga akan mengadakan program serupa," kata Amirudin.

Sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa pelaku UMKM, Karang Taruna, dan Pemuda di Belitung Timur. Kunjungan ini diterima langsung oleh Camat Manggar Amirudin di Aula Kantor Camat Manggar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved