Berita Belitung

Pemkab Belitung Akomodir Tiga Formasi Khusus, Teknisnya Masih Menunggu dari Kemenpan RB

Kabupaten Belitung hanya bisa mengakomodir tiga formasi saja untuk memenuhi kebutuhan daerah.

Pemkab Belitung Akomodir Tiga Formasi Khusus, Teknisnya Masih Menunggu dari Kemenpan RB
Posbelitung/Disa Aryandi
Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Saprin 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Pemerintah Kabupaten Belitung, tetap mengakomodir untuk formasi khusus seleksi Calon Pegawai Negeri (CPNS). Formasi khusus tersebut diberikan kepada penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora, putra-putri Papua dan tenaga pengaman cyber.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Saprin mengatakan, dari lima formasi khusus tersebut, Kabupaten Belitung hanya bisa mengakomodir tiga formasi saja untuk memenuhi kebutuhan daerah.

Tiga formasi khusus  yakni untuk penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora. Diaspora ditujukan kepada perantau Warna Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri, agar kembali ke Indonesia untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Tapi teknis kalau yang diaspora, standar nilainya berapa dan grade-nya berapa belum ada peraturannya sampai sekarang, tapi itu untuk formasi umum," ungkap Saprin kepada posbelitung.co, Jumat (8/11/2019).

Sedangkan untuk formasi disabilitas, bisa untuk semua formasi. Namun karena Belitung lebih mayoritas seleksi CPNS kepada tenaga guru, maka akan diarahkan ke formasi Guru.

"Jadi di tenaga guru nanti kemungkinan. Tapi kalau cumlaude, itu kemarin sebetulnya tidak wajib, boleh ada, boleh tidak, karena evaluasi seleksi sebelumnya, nilai yang ikut cumlaude, tapi gagal masih tinggi dibandingkan yang nilai yang lolos dari formasi umum," ucapnya.

Berkemungkinan, lanjut dia, untuk cumluade tersebut masih dalam pertimbangan, lantaran mengacu dari seleksi CPNS sebelumnya.

"Jadi itu tidak wajib. Kalau yang putra-putri Papua itu, di seleksi CPNS Kementerian, sama juga dengan tenaga pengamanan cyber. Jadi kita berkemungkinan hanya tiga kategori formasi khusus, tapi itu masih dalam tahap pembahasan rapat hari ini dan besok," jelas Sarpin.

Formasi khusus tersebut, memang sudah diatur dalam peraturan Kemenpan-RB nomor 23 tahun 2019 penetapan kebutuhan PNS. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved