WIKI BELITUNG

PROFIL Tentang Kecamatan Badau

Kecamatan Badau, merupakan salah satu wilayah administrasi dibawah Pemerintah Kabupaten Belitung.

PROFIL Tentang Kecamatan Badau
Pos Belitung/Disa Aryandi
Kantor Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kecamatan Badau, merupakan salah satu wilayah administrasi dibawah Pemerintah Kabupaten Belitung. Letak Kecamatan ini, berada dibagian tengah Pulau Belitung. Apabila ingin menuju ke Kabupaten Belitung Timur, tetap melewati Kecamatan satu ini.

Luas Kecamatan Badau secara keseluruhan mencapai 458.200 kilometer (km) persegi atau 19,95 persen dari wilayah Belitung. Kecamatan ini memiliki tujuh Desa, yaitu Desa Badau, Desa Cerucuk, Desa Sungai Samak, Desa Air Batu Buding, Desa Kacang Butor, Desa Ibul dan Desa Pegantungan.

Untuk Kecamatan Badau ini, memiliki berbagai destinasi pariwisata yaitu, museum kerajaan Badau, perkebunan nanas Badau, wisata alam batu mentas, pemandangan eks kolong kaolin Badau, rumah asli Adat Belitung, dan bukit teletubis.

Selain itu, Kecamatan ini memiliki kesenian tradisional berupa beripat, betiong, beregong, mars Badau dengan judul 'kute badau'. Dari segi agrokompleks, potensi yang ada di Kecamatan Badau ini adalah pertanian, perikanan, dan peternakan serta industri kecil.

Dari segi perkebunan, Kecamatan ini sangat terkendal dengan nanas Badau, sedangkan dari industri kecil, daerah ini sangat terkenal dengan parang Badau. Parang tersebut, secara langsung dibuat oleh masyarakat Kecamatan Badau secara tradisional.

Namun untuk sektor perikanan, di Kecamatan ini memiliki puluhan nelayan tradisional dan di sektor peternakan terdapat peternak sapi, dan ayam, maupun ternak hewan lainnya.

Di Kecamatan Badau tersebut pula, terdapat lahan Kawasan Khusus Industri yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung. Hingga sekarang ini, sudah ada beberapa pabrik industri yang beroperasional ditempat tersebut.

Pelabuhan Tanjung Batu, yang sebelumnya di resmikan oleh Presiden Republik Indinesia Joko Widodo (Jokowi) itu, berada di Kecamatan Badau. Pelabuhan Internasional ini merupakan pelabuhan, untuk menopang perekonomian di Pulau Belitung.

Kecamatan Badau ini, sekarang di pimpin oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan status jabatan Camat. Nama Camat tersebut, Sastra Yuni Ardi.

Berikut Struktur Pemerintahan Kecamatan Badau :

* Camat : Sastra Yuni Ardi
* Sekretaris Camat : Zaindera Jaya

* Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan Aset : Muhammad Yusuf
- Bendahara : Abd Qais

* Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan Umum : Edy Suhandrie : Devi Novitasari

* Kepala Seksi Pemerintahan : Tamrin
* Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan : Fitriansyah
- Haryono
* Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial : M.Zaini
- Sumartono
* Kepala Seksi Ketenteraman, Ketertiban Umum dan Pelayanan : Syech Mustari
* Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat : Sugianto

Sekretaris Desa Badau : Anijar
Sekretaris Desa Cerucuk : Arbaie
Sekretaris Desa Sungai Samak : Nazhrul Fuad
Sekretaris Desa Air Batu Buding : Arpandi
Sekretaris Desa Kacang Butor : Edi
Sekretaris Desa Ibul : -
Sekretaris Desa Pegantungan : Ropiei

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved