WIKI BELITUNG

Asyiknya Menelusuri Goa Nek Santen Desa Perpat, Punya Filosofi Destinasi Wisata Berbeda

Ada lagi yang menarik di Goa Nek Santen ini, yaitu cerita legenda yang berkembang di tengah masyarakat sekitar Bukit Gunung Kubing

Asyiknya Menelusuri Goa Nek Santen Desa Perpat, Punya Filosofi Destinasi Wisata Berbeda
Posbelitung/Disa Aryandi
Goa Nek Santen, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Negeri Laskar Pelangi, bukan hanya dikenal memiliki pesisir pantai berpasir putih saja. Namun dibagian daratan Kabupaten Belitung masih tersimpan berbagai destinasi yang sangat unik. Terutama dibagian Selatan Kabupaten Belitung, yaitu daerah Kecamatan Membalong.

Di kecamatan itu, terkhusus di Desa Perpat ada sebuah bukit kecil yang memiliki tinggi sekitar 300 MDPL. Nama bukit tersebut, biasa di sebut dengan Gunong Kubing.

Tempat ini, sekarang sudah menjadi salah satu tujuan wisata alam atau minat khusus dan sudah dikelola oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD).

Goa Nek Santen, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung
Goa Nek Santen, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung (Posbelitung/Disa Aryandi)

Dibagian atas bukit tersebut, terdapat air terjun dan untuk mencapai lokasi air terjun ini, tentu melakukan pendakian, tapi pendakian di bukit ini tidak seperti mendaki di Gunung yang ada di Pulau Jawa pada umumnya. Untuk mencapai puncak, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kaki bukit.

Ada lagi yang menarik di Goa Nek Santen ini, yaitu cerita legenda yang berkembang di tengah masyarakat sekitar Bukit Gunung Kubing tentang Telaga Bulan.

Telaga yang memiliki keunikan dikarenakan didalam telaga tersebut hidup ikan-ikan laut seperti belanak, canggang, dan lainnya.

Tapi, disini kita tidak membahas tentang air terjun tersebut. Ada yang sedikit unik dibagian bukit ini, yang masih banyak belum diketahui oleh wisatawan maupun masyarakat. Yaitu ada sebuah goa, terletak dibagian tengah dari bukit tersebut atau memiliki ketinggian sekitar 150 MDPL.

Goa Nek Santen, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung
Goa Nek Santen, Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung (Posbelitung/Disa Aryandi)

Goa tersebut bernama Goa Nek Santen. Goa ini sangat unik sekali dibandingkan destinasi lain yang ada di Kabupaten Belitung, yang rata-rata berhubungan dengan pantai, tapi untuk destinasi ini, adalah minat khusus. Terutama untuk penggiat alam bebas, seorang geologi.

Untuk menuju lokasi tersebut, tidak begitu sulit lantaran sudah memiliki jalan yang dilengkapi dengan petunjuk. Terdapat 200 anak tangga, apabila menuju ke lokasi Goa Nek Santen itu nantinya akan temukan oleh pengunjung.

Fasilitas yang ada di area Goa Nek Santen itu, sekarang ini sudah terdapat dua saung untuk tempat berisitirahat, lantaran sebelum menuju saung ini, pengunjung terlebih dahulu harus melewati sedikit perbukitan.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved