Berita Belitung Timur

Pemda Belitung Timur Berikan Diklat Kepada PNS yang Akan Pensiun

Wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, kepada pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki masa pensiun melalui BKPSDM Beltim

Pemda Belitung Timur Berikan Diklat Kepada PNS yang Akan Pensiun
(posbelitung/suharli)
Para peserta diklat masa persiapan pensiun saat mendengarkan sambutan bupati yang diwakilkan oleh asisten I Satda Beltim, Sayono. Senin (11/11/2019) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG TIMUR - Wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, kepada pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan memasuki masa pensiun melalui BKPSDM Beltim dilaksanakan diklat Masa Persiapan Pensiun (MPP) bertempat di aula diklat BKPSDM Kabupaten Belitung Timur, Senin (11/11/2019).

Sebanyak 40 peserta mengikuti kegiatan ini, umumnya para peserta merupakan PNS yang akan pensiun pada 2021 akan datang. Dengan narasumber dari Training Konsultan Golden Dadali Gemilang Bandung.

Asisten I Setda Kabupaten Belitung Timur, Sayono mewakili Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza dalam sambutannya menyampaikan Diklat ini untuk menambah menambah wawasan dan pengetahuan bagi para peserta.

Sayono menyampaikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentunya tidak akan selamanya, ada batas waktu tertentu sampai dengan pensiun yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan yang berIaku. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, pasal 239 ayat (1) menyebutkan bahwa PNS yang telah mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) diberhentikan dengan hormat sebagai PNS.

Kemudian dalam pasal 350 ayat (1) sampai ayat (3) disebutkan bahwa PNS yang akan mencapai Batas Usia Pensiun sebagaimana pasal 239, sebelum diberhentikan dengan hormat sebagai PNS dengan hak pensiun, dapat mengambil masa persiapan pensiun dan dibebaskan dari Jabatan ASN.

Jangka waktu masa persiapan pensiun adalah paling lama 1 (satu) tahun dan selama masa persiapan pensiun kepada PNS yang bersangkutan mendapat uang masa persiapan pensiun setiap bulan sebesar 1 (satu) kali penghasilan PNS terakhir yang diterima.

"Memasuki masa pensiun membutuhkan adaptasi bagi siapa saja yang akan menjalankannya, sehingga jangan sampai terjadi permasalahan menjelang masa pensiun seperti masalah mental, ekonomi maupun sosial," ujar Sayono membacakan sambutan Bupati Beltim.

Menurutnya setiap individu yang akan memasuki masa pensiun perlu mempersiapkan dirinya agar mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan Iingkungannya. Oleh karena itu, MPP diperlukan bagi PNS yang akan memasuki masa pensiun.

MPP merupakan waktu yang diberikan kepada setiap PNS selama 1 (satu) tahun dengan tujuan memberikan kesempatan kepada setiap PNS untuk mempersiapkan din‘ menjelang masa pensiun, sehingga PNS yang bersangkutan tidak merasa kaget bila tiba saatnya pensiun yang sebenarnya.

Para peserta juga akan dibekali dengan berbagai pengetahuan, kemampuan dan pelatihan untuk mengisi masa pensiun agar tetap produktif, mandiri serta memiliki semangat yang tinggi.

"Saya berharap para peserta diklat sekalian dapat berperan aktif dalam mengikuti diklat ini, sehingga nantinya dapat memiliki gambaran untuk merencanakan masa pensiun dengan baik," ujar Sayono.

Dalam Diklat tersebut para peserta dibekali materi bertanam dengan metode hidroponik. Turuthadir dalam kegiatan tersebut Kepala BKPSDM Beltim Yuspian, perwakilan OPD serta tamu undangan lainnya.

(Posbelitung.co/suharli)

Penulis: Suharli
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved