Berjalan Sesuai Rencana, Begini Progres Pemulihan Listrik di Belitung

Pemulihan listrik di Belitung hingga hari ini (13/11/2019) berjalan sesuai rencana. Sejak Senin (11/11/2019) satu unit pembangkit listrik tenaga uap

Berjalan Sesuai Rencana, Begini Progres Pemulihan Listrik di Belitung
Istimewa
Petugas PLN saat melakukan perbaikan engine 

Berjalan Sesuai Rencana, Begini Progres Pemulihan Listrik di Belitung

BELITUNG - Pemulihan listrik di Belitung hingga hari ini (13/11/2019) berjalan sesuai rencana. Sejak Senin (11/11/2019) satu unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 16,5 MW yang sempat mengalami kerusakan governoor sudah selesai diperbaiki dan kembali masuk ke sistem untuk menyuplai listrik di Belitung.

Sementara itu, satu unit lagi PLTU kapasitas 16,5 MW yang sebelumnya dalam proses pemeliharaan dijadwalkan masuk ke sistem pada akhir pekan ini.

Lebih dari itu, trafo pembangkit mobile power plant (MPP) yang diperkirakan tiba pada hari ini akan tiba pada Kamis sore (14/11) karena gelombang laut yang cukup tinggi sehingga kecepatan kapal diturunkan.

Dengan demikian, untuk sementara waktu sistem kelistrikan Belitung disuplai oleh dua mesin besar yaitu satu mesin PLTU Suge dan satu mesin MPP, serta beberapa pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang ada di Pilang dan Padang. Selain itu juga disokong oleh PLTBN CPO dan IPP.

Sehingga diprediksi kondisi kelistrikan di Belitung pada saat beban puncak sebesar 43 MW dengan kapasitas suplai sebesar 51,8 MW.

Dengan asumsi tidak ada gangguan secara tiba-tiba listrik di Belitung relatif cukup dan tidak perlu dilakukan manajemen beban. Namun hal ini berbeda jika terjadi ganguan yang menyebabkan salah satu pembangkit besar keluar sistem maka akan dilakukan manajemen beban. Kondisi ini akan berlangsung hingga 19 November mendatang.

Di sisi lain, pemerintah daerah terus berkoordinasi dan memberikan dukungan kepada PLN untuk segera memulihkan kondisi kelistrikan di Belitung. Hal ini ditunjukan dengan kunjungan Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie pada 11 dan 12 November kemarin.

“Kami berterima kasih sekali kepada Bapak Bupati dan Bapak Wakil Bupati atas dukungan yang diberikan kepada kami dalam memulihkan kondisi kelistrikan di Belitung”jelas manager PLN UP3 Belitung Luky Artanti.

Tags
PLN
Listrik
Editor: Evan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved