Breaking News:

Wabup Belitung Tegaskan Gerakan PSN Cegah Penyebaran DBD

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengakui terjadi kenaikan angka penderita DBD hingga November 2019.

posbelitung.co/dede s
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie 

Wabup Belitung Tegaskan Gerakan PSN Cegah Penyebaran DBD

POSBELITUNG.CO - Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengakui terjadi kenaikan angka penderita DBD hingga November 2019.

Ia menilai kondisi tersebut dikarenakan rendahnya pola hidup bersih masyarakat, terutama menguras penampungan air yang menjadi sarang nyamuk aedes aegypti.

Terlebih pada saat musim kemarau, masyarakat lebih suka menyimpan air yang sudah berjentik dengan alasan kesulitan air bersih.

"Maka itu kami minta mumpung sekarang baru masuk musim hujan kuras lah tempat penampungan air. Nanti tanggal 20 November kami akan kumpulkan para kades, kepsek, bhabinsa, bhabinkamtibmas dan lainnya untuk melalukan gerakan masiv pemberantasan sarang nyamuk," ujar Isyak saat ditemui posbelitung.co, Kamis (14/11/2019).

Berdasarkan data yang diterimanya, Kecamatan Tanjungpandan menempati urutan tertinggi dengan jumlah penderita mencapai angka 170 kasus.

Kemudian disusul Kecamatan Badau 22 kasus semenjak awal 2019 lalu.

Sedangkan untuk range usia, sekitar 50 persen disumbang anak usia 5 sampai 14 tahun dan 14 sampai 44 tahun sekitar 30 persen.

Oleh sebab itu, kata dia, dalam waktu dekat diperlukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (psn) serentak, terutama pekarangan masing-masing.

Kemudian, bagi lokasi yang sudah terindikasi dilakukan fogging.

Selain itu, lanjutnya, saat ini PMI memiliki alat pemisah trombosit untuk mendukung membantu proses penyembuhan pasien pe derita DBD.

"Kalau kita melihat anggota keluarga yang menderita sakit mirip DBD segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Sekarang ini PMI kita sudah punya alat pemisah trombosit jadi artinya pemerintah sudah siap," katanya.

Penulis: Dede Suhendar
Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved