Breaking News:

Berita Belitung

Budidaya Lele di Kabupaten Belitung Timur Menjanjikan, Butuh 350 Kilogram Per Hari

Kebutuhan ikan lele di Kabupaten Belitung Timur perhari mencapai 350 kilogram. Sedangkan ketersedian ikan lele konsumi masih terbilang masih kurang.

Dok/Dinas Perikanan Belitung
Staf Bidang Perikanan Budidaya,Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Timur, Edian Taufansyah (dua dari kiri) didampingi Pj Kades Buding Yudie Brahma (dua dari kanan) saat memberikan pelatihan budidaya kepada warga Desa Buding, beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kebutuhan ikan lele di Kabupaten Belitung Timur perhari mencapai 350 kilogram. Sedangkan ketersedian ikan lele konsumi masih terbilang masih kurang.

Hal tersebut disampaikan Staf Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Perikanan Belitung Timur, Edian Taufansyah. Menurut pria yang akrab disapa Topan ini, belum intensifnya budidaya ikan lele terkadang juga menjadi kendala untuk ketersedian lele konsumsi.

Dia tidak menampik ada saatnya pasaran lele banjir karena panen serentak, namun ada kalanya lele sepi dipasaran.

"Yang jadi kendala ketersedian benih, musim kemarau umamnya manjadi kendala pembudidaya. Sehingga panen pun tehambat tak jarang permintaan tinggi suplay ikan lele kosong," ungkap Topan kepada posbelitung.co, Jumat (15/11/2019).

Guna mengatisipasi kekosongan dinas perikan siap memberikan bimbingan pelatihan atau penyuluhan langsung tentang budidaya ikan lele kepada masyarakat yang benar-benar serius akan budidaya Ikan lele.

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pemberian pelatihan di desa-desa, satu diantaranya Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit.

Menurutnya, dalam pelatihan yang diikuti sebanyak 17 orang itu, untuk memancing minat masyarakat mandiri, setelah aktif baru diarahkan membentuk kelompok budidaya Ikan.

Harga ikan lele perkilo juga terbilang mengiurkan bagi pembudidaya yang ada di Beltim, bila dimabil langsung dari pembudidaya harga kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 27 ribu, sedangkan dipasaran bisa mencapai harga kisaran Rp 30 ribu, dan untuk ikan lele yang sudah dibersihkan dan dibumbui siap goreng dipatok dengan harga Rp 35 ribu.

Pangsa pasar ikan lele, di sampaikan Topan meliputi, warung makan pecel lele, rumah makan padang, acara hajatan, dan di Pasar.

Sedangkan alternatif budidaya ikan konsumsi lainnya, diantaranya Ikan Patin, Baung, Nila, Gurami, sedangkan untuk budidaya keramba laut ikan kerapu. (Posbelitung.co/Suharli)

Penulis: Suharli
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved