Advertorial

SMP Negeri 2 Badau Juara tiga

BELITUNG patut berbangga, SMP Negeri 2 Badau yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merebut juara tiga

SMP Negeri 2 Badau Juara tiga
Ist/dok Pemkab Belitung
Caption foto: USAI MENERIMA PENGHARGAAN - Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem), Ketua Harian UKS Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi, segenap kepala OPD dan guru SMP Negeri 2 Badau usai menerima penghargaan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (14/11) malam. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Belitung patut berbangga, SMP Negeri 2 Badau yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) merebut juara tiga pada lomba sekolah sehat tingkat nasional.

Sekolah yang berada di Desa Sungai Samak, Kecamatan Badau ini mengalahkan ribuan sekolah lainnya di Indonesia. Penghargaan juara diterima Bupati Belitung, H Sahani Saleh (Sanem) di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (13/11) malam.

Sanem didampingi Ketua Harian UKS Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung, Junaidi, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, dr Suhandri dan segenap guru sekolah dalam momentum penyerahan hadiah tersebut.

"Memang berat perjuangannya, di Babel satu-satunya yang diwakili Belitung hanya tingkat SMP, sedangkan SD dan SMA diwakili dari Bangka. Ternyata yang masuk nominasi hanya dari Belitung, ini merupakan keberhasilan," ujar Jasagung Hariyadi, Kamis (14/11/2019).

Ia menambahkan, keberhasilan meraih penghargaan tersebut tak terlepas dari upaya bersama. Terutama peran dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dindikbud, Dinkes, DLH, PUPR, bahkan Satpol PP yang telah membantu proses pembinaan. Juga pihak sekolah yang memiliki motivasi agar terus lebih baik.

Menurut dia, lebih dari mendapatkan penghargaan, sesungguhnya lomba sekolah sehat ditujukan bagi pembinaan sumber daya manusia. Makanya, pembinaan dilakukan di tiap satuan pendidikan dari TK, SD, dan SMP yang memang menjadi kewenangan kabupaten. Dengan demikian, siswa yang sehat maka pendidikannya pun lancar.

Lebih jauh juga diharapkan dapat menularkan pola hidup bersih dan dan sehat pada siswa dan keluarganya.

Prestasi Belitung pada LSS juga bukan hal baru. Kabupaten Belitung bahkan telah meraih juara tiga tahun berturut-turut. Ke depannya, sekolah-sekolah yang menjadi juara LSS akan menjadi sekolah percontohan.

Rasa syukur juga disampaikan Kepala SMP Negeri 2 Badau, Yaniar Siti Mutmainah. Berjuang sebagai sekolah sehat sebenarnya sudah diupayakan pihak SMP Negeri 2 Badau mulai 2013 lalu. Berturut dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi pun diikuti sekolah tersebut.

Dua kali langkah tertahan hanya sebagai juara dua di 2013 dan juara tiga pada 2016 di tingkat provinsi, akhirnya sekolah tersebut berhasil melaju ke tingkat nasional pada 2019 usai menjadi pemenang pada 2018 ini.

Setelah diumumkan sebagai pemenang pertama sekolah sehat tingkat provinsi pada Oktober 2018 lalu, beberapa bulan kemudian sekolah berupaya merampungkan semua persiapan. Berbagai fasilitas seperti gedung multi fungsi, kantin, UKS dan pendopo sekolah pun digarap bersama. Bukan hanya melibatkan pihak sekolah, dukungan juga berasal dari orang tua siswa, perangkat desa, organisasi perangkat daerah (OPD), serta pemerintah kabupaten Belitung. (adv/q2)

Sekolah Menang Lomba Sekolah Sehat Nasional
* 2015 TK Pembina Sijuk juara 1 nasional
* 2017 TK Pembina Tanjungpandan juara 3 nasional
* 2018 SDN 23 Tanjungpandan juara 4 nasional
* 2019 SMP 2 Badau juara 3 nasional
Sumber: Pemkab belitung. (Adv/q2)

Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved