Breaking News:

Berita Belitung

Tahun 2020, BPS akan Terapkan Sensus Penduduk Online

Pada tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk secara online.

Posbelitung/Dede Suhendar
Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Dwi Retno Wahyu Utami didampingi Kepala BPS Belitung Agung Rachmadi, Jumat (15/11/2019). 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Pada tahun 2020 mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan sensus penduduk secara online.

Inovasi tersebut diharapkan mampu menghasilkan data yang lebih efesien, karena masyarakat bisa langsung meng-update data kependudukan secara mandiri melalui website BPS.

Oleh sebab itu, sebagai langkah persiapan BPS menggelar rapat teknis koordinator statistik kecamatan (KSK) se Provinsi Kepulauan Babel di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Jumat (15/11/2019).

"Memang sistemnya berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Kalau dulu orang tinggal menunggu di rumah, petugas kami datang dan sekarang pelaksanaan sensus penduduk itu harus lebih efisien," ungkap Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Dwi Retno Wahyu Utami kepada Posbelitung.co.

Dalam rapat teknis tersebut, kata Dwi, petugas KSK harus bisa melakukan sosialisasi seluas-luasnya dan merangkul stakeholder di wilayah kerja masing-masing untuk melaksanakan program itu.

Jadi, sebelum turun lapangan, KSK akan diminta mengisi dan memaparkan lembar kerja serta target yang akan dicapai dan akan didiskusikan demi hasil yang maksimal.

Ia mengatakan, pada pelaksanaan sensus penduduk secara online akan dibagi menjadi dua tahap.

Pada tahap pertama, BPS akan menggunakan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sebagai data awal sensus penduduk.

Menurutnya secara de jure data dukcapil akan menggambarkan kondisi penduduk tetapi faktanya akan tergambar jika masyarakat yang melakukan pendataan secara mandiri.

Lalu, pada tahap kedua tepatnya Februari-Maret, masyarakat akan diminta meng-update data kependudukan secara mandiri melalui laman bps.go.id.

"Jadi nanti masyarakat hanya perlu mengakses website bps.go.id dan melakukan log in menggunakan NIK. Nanti di dalamnya tinggal mengisi data-data," jelas Dwi.

Mengingat sensus penduduk online merupakan terobosan baru, maka BPS tetap masih akan menerapkan sistem lama melalui petugas.

Tahapan tersebut akan dilaksanakan pada Juli untuk menyisir warga yang belum melakukan sensus penduduk secara online. (Posbelitung.co/Dede Suhendra)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved