Breaking News:

Desa di Belitung Harus Angkat Potensi Wisata, Ini Alasannya

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan ia belum melihat banyak gerakan dari desa dalam mengangkat potensi wisata.

Pos Belitung/Adelina Nurmalitasari
Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie 

Desa di Belitung Harus Angkat Potensi Wisata, Ini Alasannya

POSBELITUNG.CO - Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie mengatakan ia belum melihat banyak gerakan dari desa dalam mengangkat potensi wisata.

Ia mengatakan baru beberapa desa yang sudah berjalan seperti Desa Terong, juga Desa Air Selumar dengan kelompok Hkm pengelola Bukit Peramun. Serta Desa Kembiri dengan andalannya wisata panen durian

"Cuman yang lain belum bergerak," katanya, Minggu (17/11/2019).

Menurut dia, ada potensi besar di dua desa yakni Desa Keciput dan Desa Tanjung Binga. Ia mencontohkan, Desa Tanjung Binga bisa mengembangkan wisata bahari atau maritim.

Pengelolaan paket wisata bisa dikemas melalui aktivitas masyarakat seperti belajar membuat terasi. Selain itu bagan bisa dibuat menjadi kamar dan ruang makan, tempat orang menginap.

"Jadi bagan bisa berhenti tengah laut, orang makan. Kalau Labuan Bajo begitu bisa sampai Rp 30 juta per malam," jelasnya.

Ia menambahkan, kalau masyarakat mengembangkan tusena yang jelas mereka bisa menyalurkan dana desa dengan benar, ada pemberdayaan dan keterlibatan masyarakat. Sehingga desa sudah pasti tumbuh

Tentunya pemerintah daerah akan menstimulasi dengan membangun infrastruktur. Jadi yang tidak bisa dianggarkan pakai dana desa akan dibantu.

"Misalnya akses menuju tempat wisata gak ada, ya kami bangunkan. Toiletnya gak ada, kami bangunkan. Jadi akhirnya desanya bagus, kepala desa dan jajarannya pun bisa dapat citra yang baik dari masyarakat. Tujuannya dari semua ini kan pertumbuhan ekonomi," tutur dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan Saputra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved