Lakukan Pengawasan Tertib Niaga Barang Beredar dan Jasa, Disperindag Babel Siapkan Layanan Aduan

Pengawasan tertib niaga barang beredar dan jasa ini dilakukan melalui pemeriksaan dokumen, pengawasan atas laporan masyarakat dan media.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pos layanan pengaduan konsumen yang disiapkan Disperindag Babel di Pasar Tanjungpandan, Selasa (19/11/2019). 

POSBELITUNG.CO - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bangka Belitung ( Disperindag Babel) Sunardi mengatakan bahwa pihaknya hanya mengadakan pengawasan berkala tertib niaga serta barang beredar dan jasa. Pengawasan tertib niaga barang beredar dan jasa ini dilakukan melalui pemeriksaan dokumen, pengawasan atas laporan masyarakat dan media.

"Ini dicek proses perizinan dan pendistribusian, sehingga pengawasan langsung ke distributor. Ini dilakukan berkala," katanya, Selasa (19/11/2019).

Selama ini, pengawasan yang dilakukan hanya pada transaksi konvensional, namun belum sampai pada pengawasan melalui transaksi daring (online). Ia menjelaskan, misalnya penjualan melalui e-commerce belum pernah dilakukan karena pihaknya juga belum menerima aduan dari masyarakat.

"Pengawasan tetap dilakukan, konsumen yang harus mengadu.
Kalau aduan langsung ada tim reaksi cepat yang beranggotakan Disperindag, Pol PP, dan pemerintah kabupaten akan diikutsertakan," ujarnya.

Di samping itu, ia mengharapkan tiap kabupaten memiliki badan penyelesaian sengketa konsumen (BPSK), sehingga tiap aduan pelayanan konsumen memiliki tim yang menindaklanjutinya.

Di samping itu, Kabid Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Babel Riza Aryani mengatakan, masyarakat bisa melakukan aduan melalui pos layanan yang telah disediakan pihaknya. Bisa pula melalui pesan WhatsApp (WA), Facebook (FB) atau Instagram (IG).

Berikut ini layanan pengaduan yang disiapkan pihaknya.
- Langsung datang ke Kantor Disperindag Babel
- Kontak WA: 0811 7109 666
- FB: Bidang Perlindungan Konsumen dan Kemetrologian Disperindag Babel
- Alamat surel: bidangpkindagprov18@gmail.com
- IG: perlindungankonsumenbabel
- Badan Perlindungan Sengketa Konsumen
- Lembaga Perlindungan Swadaya Masyarakat (LPSM)

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved