Breaking News:

Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Indonesia Termasuk Bangka Belitung

Potensi hujan lebat dan angin kencang tersebut diprediksi akan terjadi selama tiga hari, mulai Kamis-Sabtu (21-23 November 2019)

Editor: Rusmiadi
Kolase/bmkg.co.id
Peringatan Dini Cuaca BMKG 

POSBELITUNG.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi potensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat dan petir di beberapa wilayah Indonesia, Kamis (21/11/2019).

Kepala Humas BMKG Ahmad Taufan Maulana mengatakan, potensi hujan lebat dan angin kencang tersebut diprediksi akan terjadi selama tiga hari, mulai Kamis-Sabtu (21-23 November 2019).

Potensi ini terjadi, dari hasil pantauan BMKG, terdapat massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Kondisi cuaca ini terjadi di sebagian besar Kalimantan, Sulawesi bagian Tengah, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua.

"Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu," ujarnya seperti dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (21/11/2019).

Selain daerah di atas, area Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat dan Papua juga diprediksi memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat.

Pada hari ini (21/11/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat ialah Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah.

Sementara untuk esok hari, Jumat (22/11/2019) wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara.

"Hujan lebat juga terjadi di Sumatera Barat, Riau, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah pada Sabtu (23/11)," katanya lagi.

Potensi Angin Kencang

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved