Berita Belitung

Wabup Belitung Sebut Penghargaan Hanya Legitimasi, Intinya Masyarakat Ikut Merasakan

Kabupaten Belitung berhasil menyabet tiga perhargaan di bidang kesehatan mulai dari tingkat nasional hingga provinsi.

Wabup Belitung Sebut Penghargaan Hanya Legitimasi, Intinya Masyarakat Ikut Merasakan
(IST/dok pribadi Wabup Belitung)
Wabup Belitung Isyak Meirobie (tengah) usai menerima penghargaan Swasti Saba Padapa 

POSBELITUNG.CO - Kabupaten Belitung berhasil menyabet tiga perhargaan di bidang kesehatan mulai dari tingkat nasional hingga provinsi.

Di antaranya SMP Negeri Badau meraih juara III tingkat kategori sekolah sehat tingkat nasional, disusul penghargaan Swasti Saba Padapa dari Kemendagri dan Kemenkes sebagai kabupaten sehat terakhir Puskesmas Badau sebagai puskesmas terbaik se Provinsi Kepulauan Babel.

Bahkan SD Negeri 17 Tanjungpandan dan TK Pembina Badau akan menjadi nominasi lomba UKS mewakili Provinsi Kepulauan Babel ditambah nominasi Kabupaten layak anak.

"Jadi tahun ini kami banyak sekali mendapatkan predikat yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Itu artinya ada pembenahan dari sisi internal baik administrasi maupun non administrasi," ujar Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Jumat (22/11/2019).

Isyak menegaskan yang terpenting dari semua predikat tersebut justru apakah masyarakat Belitung memang merasakan adanya perubahan layanan fasilitas kesehatan itu.

Selain itu, dengan segudang penghargaan itu seharus mampu memprovikasi masyarakat untuk melakukan perubahan gaya hidup dan pola hidup ke arah yang lebih baik.

"Jadi penghargaan-penghargaan itu hanya legitimasi," ungkapnya.

Isyak menambahkan Pemkab Belitung pada dasarnya tidak pernah memfokuskan satu kecamatan untuk mengikuti sebuah ajang tertentu.

Tetapi justru tergantung kesadaran dan komitmen instansi lokal masing-masing untuk membangun kawasan sehat.

Nantinya, komitmen tersebut dikolaborasikan dengan pemerintah daerah melalui program yang telah disiapkan.

"Kemarin SMPN 2 Badau itu kolaborasi, pemkab memberikan dukungan tapi pihak sekolah mulai dari guru, murid dan para orang tua bersatu-padu. Jadi hasilnya bagus sekali," kata Isyak.

(Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved