Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Terima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Sepen Buding

Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan Sertifikat warisan budaya tak benda sepen Buding melalui Sanggar Istana Yudha asal Desa Buding

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Terima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Sepen Buding
posbelitung/suharli
Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza, didampingi Kepala dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Beltim, Evi Nardi saat menerima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda Indonesia, dari Sanggar Istana Yudha asal Desa Buding. Senin (25/11/2019) 

Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza Terima Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda Sepen Buding

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan Sertifikat warisan budaya tak benda sepen Buding melalui Sanggar Istana Yudha asal Desa Buding, kepada Bupati Belitung Timur, Yuslih Ihza di dampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Belitung Timur, Evi Nardi dan Ketua PGRI Kabupaten Belitung Timur, Syamsul Hairun. Senin (25/11/2019)

Sertifikat tersebut diserahkan bersamaan dengan peringatan HGN dan HUT PGRI di lapangan Segitiga Kecamatan Kelapa Kampit.

Sepen Buding, merupakan jenis tari tradisional Melayu Belitong yang tumbuh kembangnya berasal dari Desa Buding.

Menurut Evi Nardi tarian ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1938, oleh Sudin yang berasal dari Desa Sukadana Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

"Sejak itulah sepen berkembang dan menjadi bagian dari kebudayaan Melayu Belitong," ujarnya

Pada 10 Oktober tahun 2018 lalu, Sepen Buding telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bapak Muhadjir Effendi.

Penulis: Suharli
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved