Berita Belitung

Bea Cukai Tanjungpandan Catat Ada Tiga Komoditi Belitung, Satu Komoditi Belitung Timur yang Diekspor

Komoditi dari Belitung yang sering diekspor kaolin, karet, ikan segar krapu, adapun komoditi dari belitung timur yakni Crude Palm Oil

Bea Cukai Tanjungpandan Catat Ada Tiga Komoditi Belitung, Satu Komoditi Belitung Timur yang Diekspor
Bangkapos.com/Ferdi Aditiawan
Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai, Bea Cukai 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC), Bea Cukai Tanjungpandan Haryono mengatakan pihaknya mencatat komoditi dari Belitung yang sering diekspor yakni kaolin, karet, ikan segar krapu, adapun komoditi dari belitung timur yakni Crude Palm Oil (CPO) dan turunannya.

"Adapun nilai Devisa ekspornya secara keseluruhan tahun 2019 mulai dari Januari sampai sekarang untuk Kabupaten Belitung USD.4.712.805.88, untuk Kabupaten Belitung Timur USD.118.657.742.02," kata Haryono kepada posbelitung.co, Rabu (27/11/2019).

Lanjutnya, untuk pendapatan negara dari ekspor hanya ada di Bea keluar (BK). Untuk barang terkena Bea keluar yakni produk CPO dan turunannya yang namanya Palm Kernel Expeller (PKE) dengan nilai 1 USD perton.

"Jadi semua ekspor hanya PKE lah yang terkena pungutan Bea keluar (BK), selain itu tidak ada pungutan," ujar Haryono.

Haryono menuturkan untuk pengawasan barang ekspor yang keluar dari Belitung pihaknya melakukan pengawasan sesuai dengan standar yang berlaku, karena ada kategori barang larangan dan pembatasan.

"Karena ada peraturan yang mengatur tentang dilarangnya ekspor barangnya, serta ada barang yang dibatasi ekspornya. Kalau disini ada barang ekspor yang dibatasi yakni kaolin. Kaolin bisa diekspor apabila memenuhi kriteria minimum serta pada saat akan di ekspor wajib memberikan lembar supplier karena harus diperiksa terlebih dahulu," jelas Haryono.

Haryono menambahakan ada satu Komoditi yang tidak diekspor melalui Bea Cukai Tanjungpandan, yakni Lada.

"Untuk lada melalui Bea Cukai Pangkapinang. Karena untuk mesin pengelolaan lada untuk ekspor ada di Pangkalpinang," pungkasnya.

(posbelitung.co/Ferdi Aditiawan)

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved