Breaking News:

Berita Belitung

Darmansyah Husein : Semakin Terbuka Negara, Semakin Rawan Dipecah Belah

sosialisasi ini sangat penting karena bisa memupuk rasa nasionalisme karena saat ini Indonesia makin terbuka dengan adanya perubahan-perubahan global.

Posbelitung/Bryan Bimantoro
Sosialisasi empat pilar oleh Anggota DPD RI Darmansyah Husein, Marwansyah, dan Nurmansunata di Bumdes Cafe, Gantung, Kamis (28/11/2019). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Darmansyah Husein melaksanakan sosialisasi empat pilar MPR RI di Bumdes Cafe, Gantung, Kamis (28/11/2019).

Dalam paparannya ia mengatakan sosialisasi ini sangat penting karena bisa memupuk rasa nasionalisme karena saat ini Indonesia makin terbuka dengan adanya perubahan-perubahan global. Digitalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sudah tidak bisa dielakkan lagi.

"Semakin terbuka suatu negara, maka semakin rawan dipecah belah. Maka dari itu, sosialisasi empat pilar bangsa ini menjadi sangat penting menjadi satu upaya penangkalnya," jelas Darmansyah di hadapan pelajar, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Gantung.

Menurutnya, empat pilar bangsa ini tidak seluruhnya merupakan pilar. Empat prinsip ini ada yang menjadi landasan, pedoman, dan pilarnya sendiri. Empat prinsip dasar ini penting bagi masyarakat dari generasi ke generasi.

"Jadi dari jaman dulu masyarakat Indonesia sudah mengenal empat prinsip ini. Namun harus selalu diberikan pemahaman kembali supaya lebih mencintai negeri ini," kata Darmansyah.

Direktur Eksekutif Lembaga Demokrasi Lokal (Leksikal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Marwansyah mengatakan saat ini persaingan global sudah merasuk ke dalam setiap inci kehidupan. Kalau tidak mengikuti cara berpikir secara global, lanjutnya, masyarakat akan tertinggal.

"Namun harus ada filter atau penyaringnya. Penyaringnya yakni Pancasila," ucap Marwansyah.

Tantangan yang dihadapi masyarakat Indonesia, lanjutnya, berasal dari internal dan eksternal. Internal bersumber dari keberagaman ras, suku, budaya, dan agama. Sedangkan eksternal bersumber dari gelombang globalisasi dan pertarungan antar ideologi melalui media massa.

Ia berharap masyarakat bisa menahan diri dan memerkuat pemahaman terhadap empat prinsip bangsa Indonesia agar tidak mudah terpecah belah.

Forum ini dihadiri pelajar, tokoh masyarakat, dan tokoh agama di Gantung, Belitung Timur. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved