Breaking News:

Info Kesehatan

Hindari Minum Kopi saat Menstruasi, Ini Penjelasannya

Minum kopi memang bisa membantu mengatasi masalah sakit kepala, namun kandungan kafein dalam kopi justru bisa membuat kram bertambah parah

Penulis: Novita | Editor: Khamelia
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Ilustrasi sajian secangkir kopi 

POSBELITUNG.CO - Perempuan seringkali merasakan kram yang menyakitkan dan mengganggu ketika menstruasi tiba.

Kondisi itu disebabkan kontraksi otot. Kram pada perut bagian bawah tersebut bisa diringankan melalui sejumlah cara, seperti menyantap dark chocolate, menggunakan kompres air hangat, dan sebagainya.

Salah satu derita susulan setelah kram adalah sakit kepala yang akan meningkat karena faktor hormonal. Mungkin kamu berpikir kopi bisa membantu meringankan rasa sakit di kepala. Namun ternyata anggapan tersebut sangatlah salah.

Minum kopi memang bisa membantu mengatasi masalah sakit kepala, namun kandungan kafein dalam kopi justru bisa membuat kram bertambah parah.

Hindari kopi saat menstruasi

Para pakar kesehatan menyarankan mereka yang sedang mengalami menstruasi untuk menghindari kopi sebab, kandungan kafein dalam kopi bisa memperparah atau bahkan menyebabkan kram.

Selain itu, karena sifat diuretiknya, kopi juga bisa meningkatkan produksi urin dan menyebabkan dehidrasi.

Secangkir kopi yang masuk ke dalam sistem tubuh akan menghalangi neurotransmitter gamma-aminobutyric acid (GABA) yang meregulasi rasa cemas.

Pada saat GABA terhalang dan tingkat kecemasan tinggi (dipicu konsumsi kopi), tubuh secara alami akan lebih rentan mengalami kram yang lebih parah.

Mengganggu hormon

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved