19 Desa Endemik DBD, Desa Juru Seberang Sudah KLB

Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mencatat hingga November 2019 terdapat 280 kasus demam berdarah dengue (DBD)

19 Desa Endemik DBD, Desa Juru Seberang Sudah KLB
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Pengendalian dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono saat melihat data DBD, Senin (2/12/2019). 

19 Desa Endemik DBD, Desa Juru Seberang Sudah KLB

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mencatat hingga November 2019 terdapat 280 kasus demam berdarah dengue (DBD). Kasus ini mengalami kenaikan lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2018 yang berjumlah 125 kasus.

"Prediksi kami kasus DBD ini kemungkin masih akan terjadi sampai Januari, bergantung curah hujan," ujar kabid pencegahan dan pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono saat ditemui Posbelitung.co, Senin (2/11/2019).

Sebaran kasus DBD juga terjadi di 19 desa endemik di Kabupaten Belitung. Desa endemik merupakan desa yang tiga tahun berturut-turut terdapat kasus DBD. Ia merinci di desa endemik di Tanjungpandan terdapat 11 desa, tiga desa di Kecamatan Badau, dan lima desa di Kecamatan Sijuk.

Dari 19 desa endemik, saat ini Desa Juru Seberang dinyatakan kejadian luar biasa (KLB).

"Berdasarkan rapat hasil telaah provinsi, KLB hanya di Desa Juru Seberang," tegas Joko.

Menurutnya, penetapan KLB ini didasarkan pada tiga kriteria. Di antaranya peningkatan kasus dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya, peningkatan kasus dua kali lipat pada bulan yang sama dibanding tahun sebelumnya, serta data kasus melewati grafik maksimal.

Menanggulangi kasus tersebut, pihaknya tengah menggalakkan gebrakan massal pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Desember ini.

"Digarap dengan masyarakat, sekarang digalakkan komitmen desa untuk gebrakan PSN massal, di titik seluruh desa yang endemik. Digalang hasil rapat desa harus membuat spanduk, tinggal nanti mengadakan gebrakan massal PSN untuk menurunkan kasus supaya tidak terjadi KLB," tutur dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved