Ini Lokasi Rawan Banjir di Belitung, Warga Mulai Khawatir

Bidang Penanggulangan Bencana Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, senin (2/12/2019)

Ini Lokasi Rawan Banjir di Belitung, Warga Mulai Khawatir
Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), senin (2/12/2019) melakukan pemantauan di lokasi rawan banjir di Kampung Amau, Kelurahan Kampung Damai, dan Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. 

Ini Lokasi Rawan Banjir di Belitung, Warga Mulai Khawatir

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bidang Penanggulangan Bencana Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, senin (2/12/2019) sudah melakukan pemetaan terhadap lokasi rawan banjir di Negeri Laskar Pelangi.

Ada tiga lokasi rawan banjir, biasa terjadi setiap tahun telah dipetakan oleh petugas penanggulangan bencana tersebut. Yaitu Kampung Amau di Kelurahan Parit dan Kelurahan Kampung Damai, Kecamatan Tanjungpandan serta Dusun Kembiri, Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.

"Jadi ada tiga titik yang betul - betul memang menjadi daerah rawan banjir, yaitu di Kampung Amau ini ada dua, satu lagi di Kembiri. Tiga lokasi ini yang biasa paling parah terjadi banjir," kata Kabid Penanggulangan Bencana Daerah Satpol PP Kabupaten Belitung Abdul Sani kepada Posbelitung.co.

Untuk wilayah lainnya, seperti perumahan Belitong Regency di Desa Perawas, kata Abdul Sani, hanya terkadang saja terjadi. Sehingga di kategorikan, tidak setiap saat terjadi banjir pada akhir maupun awal tahun.

"Daerah lain belum ada. Kalau angin kencang trand nya Belitung Utara, tapi itu tetap jadi titik pantau kami. Jadi semua potensi yang kami sebut tadi, menjadi pantauan kami dan kami memantau dengan cara melakukan patroli," ujarnya.

Apalagi, lanjut dia, situasi cuaca saat itu diluar normal, petugas penanggulangan bencana tetap melakukan pemantauan. Terutama pada titik lokasi, yang diprediksi akan mengalami bencana.

"Termasuk kalau untuk bencana puting beliung, kategori luar biasa, akan langsung mendapatkan bantuan dari kami. Itu bisa berupa bahan bangunan dan lainnya, tapi tetap harus melihat kondisi dan situasi korban tersebut," pungkasnya.

Warga Mulai Khawatir Banjir

Intensitas hujan yang mulai tinggi, dan air laut mulai pasang tinggi, kini sudah mulai membuat warga di Kampung Amau, Kelurahan Kampung Damai, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung khawatir.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved