Penanggulangan Bencana, Satpol PP Belitung Ekstra Lakukan Patroli di Titik Rawan

Petugas Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung

Penanggulangan Bencana, Satpol PP Belitung Ekstra Lakukan Patroli di Titik Rawan
Pos Belitung/Disa Aryandi
Tumpukan sampah yang ditemukan oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), senin (2/12/2019) di bantalan sungai Kampung Amau. 

Penanggulangan Bencana, Satpol PP Belitung Ekstra Lakukan Patroli di Titik Rawan

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Petugas Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Belitung, Senin (2/12/2019) sudah mulai ekstra untuk melakukan patroli penanggulangan bencana dilokasi - lokasi titik rawan bencana semisal banjir.

Patroli tersebut dilakukan oleh mereka, untuk mengetahui secara cepat terjadi bencana alam di Kabupaten Belitung. Termasuk petugas BPBD, kini sudah di siagakan oleh mereka selama 24 jam.

"Kami di posko ada yang piket 24 jam, jadi nanti sistem nya masyarakat yang terkena dampak, bisa malapor ke kami secara cepat. Tapi itu yang tidak terpantau oleh kami, kalau yang terpantau, kami akan langsung bergerak," ungkap Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Azhar kepada posbelitung.co, senin (2/12/2019).

Namun, kata dia, khusus untuk banjir, apabila hujan tersebut satu berlangsung selama satu jam, maka secara otomatis petugas penanggulangan bencana akan melakukan pemantauan secara langsung ke lapangan.

"Nanti sistem nya, kami akan standby di lapangan, dan jika keadaan mendesak, kami akan lapor ke ketua penanggulangan bencana (Sekda), dan nanti beliau akan langsung mengkoordinasikan dengan kawan - kawan di instansi terkait," ujarnya.

Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kabupaten Belitung yang masuk dalam tim penanggulang bencana tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Sosial Kabupaten Belitung, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Belitung serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung.

"Kalau Dinas Sosial terkait dapur umum, terus kesehatan terkait sarana dan SDM kesehatan, termasuk lainnya teknis. Jadi bukan hanya kami saja nanti," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Evan
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved