Berita Belitung

Tahun 2020, PT Pelindo Tanjungpandan Implementasikan Digitalisasi Kepelabuhanan

Menjelang tahun 2019, PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan telah menyiapkan berbagai perencanaan demi kemajuan sektor kepelabuhanan

Tahun 2020, PT Pelindo Tanjungpandan Implementasikan Digitalisasi Kepelabuhanan
Posbelitung.co/Dede Suhendar
GM PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan Yossianis Marciano 

Tahun 2020, PT Pelindo Tanjungpandan Implementasikan Digitalisasi Kepelabuhanan

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Menjelang tahun 2019, PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan telah menyiapkan berbagai perencanaan demi kemajuan sektor kepelabuhanan di Kabupaten Belitung.

Setidaknya terdapat empat rencana besar yang akan diimplementasikan pada tahun 2020 mendatang.

Diantaranya implementasi operasional pelabuhan 24 jam, keamanan kesehatan dan keselamatan (K3), penerapan digitalisasi Terminal Operating System (TOS), impestasi sarana prasarana hingga suprasarana.

"Tapi sebelum menerapkan itu semua, kami harus melakukan beberapa persiapan baik secara infrastruktur, keteraturan, kerapihan, bisnis proses semuanya harus berjalan dengan baik," ujar GM PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan Yossianis Marciano, Senin (2/12/2019).

Ia menjelaskan di era digitalisasi, kecanggihan teknologi harus dimanfaatkan untuk menunjang operasional agar lebih efektif dan efisien.

Oleh sebab, itu pada tahun 2020 PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan akan mengimplementasikan TOS.

Dalam artian membangun sebuah sistem digital yang dipergunakan untuk merencanakan bongkar muat baik di kapal atau pun di lapangan.

Namun, secara tahapan untuk menerapkan TOS, bisnis proses harus dilakukan terlebih dahulu, basic pelayanan harus dijalankan disamping kelengkapam insfrastruktur.

"Digitalisasi tentunya sangat membantu untuk mempermudah, mempercepat juga dari sisi pencatatan lebih akurat," ungkapnya.

Selain itu pada tahun 2020, PT Pelindo II Cabang Tanjungpandan juga akan menambahkan investasi sarana prasarana serta suprasarana di pelabuhan.

Diantaranya pengembangan area logistik, pergudangan, penumpukan peti kemas, menambah crane untuk kepentingan bongkat muat serta pendalaman kolam. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Penulis: Dede Suhendar
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved