Berita Belitung

Guru Sekolah Umum Dilatih Agar Bisa Terapkan Pembelajaran Inklusi

Pelayanan terhadap anak yang berkebutuhan khusus tidak hanya di sekolah khusus seperti SLB, tapi juga di seluruh sekolah dari SD, SMP, dan SMA

Guru Sekolah Umum Dilatih Agar Bisa Terapkan Pembelajaran Inklusi
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kepala Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi saat ditemui Posbelitung.co, Selasa (3/12/2019). 

POSBELITUNG.CO - Kepala Dinas Pendidikan Wilayah IV Provinsi Bangka Belitung Adi Zahriadi mengatakan pendidikan inklusi telah dicanangkan Gubernur Bangka Belitung. Artinya pelayanan terhadap anak yang berkebutuhan khusus tidak hanya di sekolah khusus seperti SLB, tapi juga di seluruh sekolah dari SD, SMP, dan SMA disiapkan bagi siswa inklusi.

"Tapi wilayah yang dekat dengan SLB difokuskan di SLB, tetapi sekolah jauh dan berisiko anak didik menempuh pembelajaran terlalu jauh, sehingga mereka diharapkan di sekolah umum yang mendukung pembelajaran inklusi," ujarnya, Selasa (3/12/2019).

Nantinya siswa yang memerlukan layanan khusus ini bisa melapor. Sehingga guru pembimbing khusus (GPK) dari SLB bisa dijadwalkan agar mengunjungi sekolah tersebut seandainya tidak ada guru mata pelajaran (mapel) yang menangani siswa bersangkutan.

Di samping itu, tahun ini juga pihaknya telah menyelenggarakan pelatihan bagi guru mapel agar memiliki kemampuan pembelajaran inklusi. Ini juga menjadi tahun ke tiga pelatihan yang diberikan agar guru bisa menyampaikan pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus.

"Ini upaya memberikan pelayanan siswa disabilitas. Guru umum dilatih, barangkali tidak bisa ditangani guru tersebut barulah GPK datang mengunjungi secara terjadwal. Guru yang dilatih inklusi ini biasanya diberikan pada guru yang mengajar di daerah yang jauh dari kota," tutur dia.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: khamelia
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved