Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin Tanggal 26 Desember Nanti, Bisa Dilihat di Indonesia di Daerah Ini

Lembaga Observasi Boscha, Institut Teknologi Bandung dan Pemerintah Kota Tanjung Pinang menggelar Festival Gerhana Matahari Cincin

NASA
Gerhana Matahari cincin. Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi dan dapat dilihat pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang 

Fenomena Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Indonesia, Catat Jadwal dan Tempatnya

POSBELITUNG.CO - Lembaga Observasi Boscha, Institut Teknologi Bandung dan Pemerintah Kota Tanjung Pinang siap menggelar Festival Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 mendatang.

Festival akan dilaksanakan di Laman Boenda (Aula Gonggong),Tanjung Pinang, mulai pukul 10.00–14.00 WIB.

Festival ini diadakan bertepatan dengan adanya fenomena gerhana matahari cincin yang akan bisa diamati dari beberapa wilayah di Indonesia.

"(Pemilihan) Gonggong karena lokasinya strategis untuk pengamatan. Bosscha juga akan ada teropong pengamatannya,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanjung PinangSuryadi kala ditemui Kompas.com pada Senin (25/11/2019).

Acara gratis ini menyediakan beragam aktivitas, mulai dari pengamatan gerhana matahari, bazaar suvenir dan makanan, workshop hingga seni budaya Randai.

Selain di Gedung Gonggong, rencananya pengamatan gerhana matahari cincin juga akan dilakukan di Pulau Penyengat yang terletak tak jauh dari Tanjung Pinang.

Namun, karena beberapa masalah terkait pengangkutan alat pengamatan, rencana tersebut belum bisa dipastikan.

"Awalnya kami ingin di Pulau Penyengat juga diadakan. Di Balai Desa ini pasti akan bagus," kata Konsultan Pariwisata Wiwien Tribuwani saat ditemui Kompas.com.

"Tapi kendala membawa teropong menggunakan kapal pompong agak berbahaya juga," lanjutnya.

Halaman
12
Penulis: tidakada007
Editor: Rusmiadi
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved