Breaking News:

WIKI BELITUNG

Mau Traveling ke Belitung Timur, Yuk Cari Tahu Agenda Apa Saja Bakal Bikin Liburanmu Asyik

Wisatawan kerap kali mencari tahu ada agenda apa saja di tempat tujuan sebelum bepergian. Kali ini Posbelitung.co akan merangkum Calender of Event

Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Belitung Timur Fashion Carnaval 2019 yang heboh dan menyedot perhatian wisatawan. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Wisatawan kerap kali mencari tahu ada agenda apa saja di tempat tujuan sebelum bepergian. Kali ini Posbelitung.co akan merangkum Calender of Event di Belitung Timur tahun 2020 mendatang. Jadi kamu bisa menentukan waktu terbaik jika ingin datang ke Belitung!

Bulan Januari merupakan bulan kelahiran Kabupaten Belitung Timur, karena itu di bulan ini akan digelar Festival Kebhinnekaan. Kegiatannya berupa pertunjukan tari, musik tradisional, dan banyak pertunjukkan lainnya.

Suasana ritual adat Buang Jong Suku Sawang pada malam pertama dari sejumlah rangkaian yang akan digelar di Desa Selingsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim, Kamis (25/2/2016) malam.
Suasana ritual adat Buang Jong Suku Sawang pada malam pertama dari sejumlah rangkaian yang akan digelar di Desa Selingsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Beltim, Kamis (25/2/2016) malam. (Posbelitung.co)

Bulan Februari akan ada event Buang Jong. Event ini biasanya dilakukan di sebuah pantai dan ribuan masyarakat berbondong-bondong membopong replika jong (kapal).

Jong ini nanti dibuang ke laut sebagai bentuk mengingat nenek moyangnya yang merupakan pelaut.

Bulan April. Ada dua kegiatan yakni MTQ tingkat provinsi dan Chengbeng. Chengbeng merupakan ritual sembahyang masyarakat keturunan Tionghoa kepada leluhurnya yang sudah pergi lebih dulu. Mereka mengharap ritual tersebut bisa membawa kedamaian bagi semua unsur kehidupan.

Ngembarik De Belitong Timor Sukses
Ngembarik De Belitong Timor Sukses (ist)

Bulan Juni bulan yang istimewa karena akan diadakan Ngembarik de Belitong Timur. Agenda ini sarat dengan budaya melayu Belitung Timur yang hangat. Kamu bisa menemukan kuliner khas Belitung Timur di sini yang sudah lama tidak ditemukan. Sangat cocok bagi kamu yang penghobi kuliner jadul!

Bulan Juli akan digelar Kemah Karya Pemuda dan Pemilihan Bujang Dayang Belitung Timur 2020. Ajang Pemilihan Buday sebagai unjuk bakat bagi para pemuda di Belitung Timur ini bisa dijadikan tujuan wisata karena akan memanjakan mata kamu dengan suguhan tekstil ala Belitung yang punya kekhasan sendiri. Biasanya juga ada Puteri Indonesia lho di ajang ini!

Selanjutnya bulan Agustus. Di bulan ini akan ada lima agenda besar yang dilaksanakan, yakni Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR), Pawai Pembangunan, Festival Kulong Minyak Manggar, Festival Dayung Sungai Buding, dan Ritual Sembahyang Rebut.

Semua agenda di bulan Agustus patut kamu sambangi karena akan punya kekhasan sendiri. Terlebih pada event JPJR yang merupakan satu agenda pariwisata nasional. Di sini kamu akan mempelajari budaya dan tradisi lokal Belitung Timur serta komoditi yang diunggulkan dari Negeri Laskar Pelangi ini.

Bulan September kamu masih akan menemui rangkaian agenda JPJR yang berlangsung hingga tanggal 8 September, seperti Festival Seni Budaya Daerah, Pementasan Tari Kolosal, Pemecahan Rekor Muri Kopi Jahe Susu dan Aik Sepang, dan Music on Harbour.

Selain itu juga akan digelar Festival Olahraga Tradisional, Belitung Timur Open Turnament Volly Pasir, dan Lintas Alam Pemuda Belitung Timur. Semua eventnya patut ditunggu bagi penggemar budaya.

Bulan Oktober akan ada Belitung Timur Expo 2020 dan Belitung Timur Fashion Carnaval (BTFC) 2020! BTFC sendiri merupakan satu penyedot utama bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Beltim. Di acara ini akan memadukan tekstil lokal dipadukan dengan jiwa modernitas yang menghasilkan karya menakjubkan. Worthy to wait!

Bulan November akan digelad Festival Geopark V, Geo Fishing Tournament, dan Lomba Bekater. Sangat cocok bagi kamu yang hobi fotografi. Ratusan kater (kapal nelayan khas Beltim) akan berlomba menghias kapalnya supaya bisa menang. Eye-catching!

Itulah agenda pariwisata di Belitung Timur tahun 2020. Yuk tentukan waktu liburanmu ke Belitung Timur! (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved