Breaking News:

Ujian Nasional Dihapus, Nadiem: Tidak Ingin Ujian Hanya Diukur Soal Pilihan Ganda Saja.

Sekolah memberikan hak penilaian sesuai parameternya masing-masing dan dengan tipe ujian yang telah ditentukan oleh Nadiem.

Penulis: tidakada007 | Editor: Rusmiadi
YouTube KOMPASTV
Mendikbud Nadiem Makarim akan mengganti UN dengan beberapa ujian yang memberikan sekolah hak penuh menentukan kelulusan muridnya 

Ujian Sekolah ala Nadiem Bawa Keadilan bagi Seluruh Murid di Indonesia: Bukan Pilihan Ganda Saja

POSBELITUNG.CO - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim telah berkomitmen, untuk menyerahkan hak lulus para siswa di Indonesia sepenuhnya kepada sekolah.

Nadiem mengatakan agar potensi siswa dapat dinilai secara maksimal, ia menyerahkan sekolah untuk memberikan hak penilaian sesuai parameternya masing-masing dan dengan tipe ujian yang telah ditentukan oleh Nadiem.

Dikutip TribunWow.com dari video unggahan kanal YoutubeKompastv, Rabu (11/12/2019), mulanya Nadiem mengatakan evaluasi kelulusan siswa akan sepenuhnya menjadi hak sekolah.

"Secara jelas kebetulan bahwa evaluasi atau penilaian terhadap siswa, terhadap murid itu dilakukan guru, dan asesmen untuk kelulusan ditentukan oleh sekolah," ujar Nadiem.

Nadiem menegaskan negara tidak akan lagi membuat soal ujian dan menentukan kelulusan para siswa di Indonesia.

"Hal-hal, soal-soal yang tadinya datang dari Kemendikbud, soal-soal yang dari pusat dan lain-lain yang tadinya lewat dinas dilaksanakan di dalam sekolah itu sudah, berarti tidak ada paksaan lagi," kata Nadiem.

Nadiem ingin dengan adanya langkah ini, sekolah dapat lebih menilai murid-muridnya secara mendalam.

"Jadi sekolah itu seperti banyak sekolah sekarang, punya sistem penilaiannya sendiri yang lebih holisitk," tutur Nadiem.

Nantinya Nadiem tidak ingin ujian hanya diukur melalui soal pilihan ganda saja.

Halaman
1234
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved