Breaking News:

Berita Belitung

Fenomena Langka Gerhana Matahari Cincin di Desember Ini, Belitung Jadi Spot Pemantauan Terbaik

Fenomena langka gerhana matahari cincin akan terjadi pada Kamis (26/12/2019) mendatang. Gerhana matahari cincin ini dapat diamati di Indonesia

Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Audiensi Bupati Belitung Sahani Saleh dengan BMKG Belitung dan Kantor Kemenag Kabupaten Belitung di Rumah Dinas Bupati, Jumat (13/12/2019) malam. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Fenomena langka gerhana matahari cincin akan terjadi pada Kamis (26/12/2019) mendatang. Gerhana matahari cincin ini dapat diamati di Indonesia. Satu di antara spot terbaik pengamatan gerhana yakni di Belitung.

Memanfaatkan momen gerhana tersebut, pemerintah Kabupaten Belitung akan menggelar kegiatan yang diadakan di Pantai Tanjung Tinggi atau yang dikenal pula Pantai Laskar Pelangi.

"Acaranya saat itu akan ada salat gerhana yang dilanjutkan khutbah mengenai gerhana," ujar Bupati Belitung Sahani Saleh selepas mengadakan audiensi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Belitung dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung di Rumah Dinas Bupati, Jumat (13/12/2019) malam.

Tak hanya itu nantinya BMGK  akan menjelaskan secara ilmiah gerhana matahari cincin. BMKG juga akan menyediakan alat untuk memantau langsung gerhana matahari cincin.

Gerhana Matahari cincin.
Gerhana Matahari cincin. (NASA)

Kegiatan saat gerhana matahari cincin di Belitung rencananya akan digelar sekitar pukul 10.30 WIB. Sembari menunggu puncak gerhana yang diprediksi pada pukul 12.30 WIB.

Acara pun akan berlangsung menarik karena diusung secara kolaboratif antara pemerintah daerah Pemkab, BMKG, Kantor Kemenag Kabupaten Belitung, dan Badan Pengelola Geopark. Berbagai acara lainnya seperti Festival Durian juga akan diadakan di lokasi tersebut.

"Jadi bisa disebut ini sebagai rahmat bagi Belitung. Siapapun bisa datang dan ikut meramaikan acara tersebut, baik masyarakat maupun wisatawan, acaranya nanti gratis," ajak Sanem.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved