Breaking News:

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di 17 Wilayah di Indonesia Termasuk Bangka Belitung

Peringatan dini cuaca ekstrem tersebut terkait beberapa wilayah berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang dan petir hari ini.

Editor: Rusmiadi
Posbelitung.co/Rusmiadi
Awan hitam menggelayut di langit Pangkalpinang 

POSBELITUNG.CO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem yang akan terjadi pada hari ini Senin (16/12/2019).

Dari pengumuman peringatan dini cuaca ekstrem tersebut terkait beberapa wilayah berpotensi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang dan petir hari ini.

Setidaknya ada 17 wilayah diprakirakan berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

//

Sementara itu hujan lebat berpotensi terjadi di delapan wilayah lainnya.

Dari 17 wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir diantaranya wilayah Bangka Belitung.

Update kondisi cuaca pada hari Senin (16/12/2019) menjelang siang, mengutip posting BMKG dari akun twitter @infoBMKG : Update Peringatan Dini Cuaca Wilayah Babel Tgl. 16 Desember 2019 pukul 11.00 WIB:

Masih Berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pukul 11.30 WIB di wilayah perairan Selat Bangka, Utara Bangka Kecamatan Jebus, Kelapa, Simpang Teritip, Muntok, Tempilang, Belinyu, Riausilip, Sungailiat, Bakam, Mendo Barat, Sungaiselan, Lubuk Besar, Air Gegas.

Selain itu Toboali, Pangkalanbaru, Sijuk, Kelapa Kampit dan dapat meluas ke wilayah Kota Pangkalpinang, Kec. Parittiga, Pemali, Merawang, Puding Besar, Namang, Simpang Kates, Payung, Pulau Besar dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan masih dapat berlangsung hingga pukul 13.30 WIB.

Update kondisi cuaca di Bangka Belitung juga diinformasikan Stasiun Meteorologi Pangkalpinang, melalui update status Facebook dari akun Stasiun Meteorologi Pangkalpinang sebagai berikut:
Berikut wilayah diperkirakan berpotensi terjadi hujan lebat dan hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada hari Senin (16/12/2019) dikutip dari BMKG.go.id.

Wilayah berpotensi hujan lebat

- Sumatera Barat

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Lampung

- Jawa Tengah

- Nusa Tenggara Barat

- Kalimantan Tengah

- Sulawesi Tengah

Wilayah berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir

- Aceh

- Riau

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Kepualuan Bangka Belitung

- Banten

- Jawa Barat

- Jabodetabek

- Yogyakarta

- Jawa Timur

- Bali

- Nusa Tenggara Timur

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Utara

- Kalimantan Selatan

- Sulawesi Selatan

- Papua

Peringatan dini cuaca ekstrem pada beberapa wilayah tersebut BMKG rilis berdasarkan temuan massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Kalimantan, sebagian besar Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Aceh, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Papua.

Selain itu juga terdapat sirkulasi siklonik di Selat Karimata (925/850mb), Samudra Hindia Barat Sumatera Barat (925/850mb), Samudra Hindia barat Aceh (925/850mb), Samudera Hindia selatan Bali (925/900 mb) dan di Australia bag Utara (925/900mb) serta sirkulasi angin tertutup (eddy) di Perairan timur Halmahera.

Konvergensi memanjang dari Riau bagian barat hingga Kepulauan Mentawai, Laut Jawa hingga Pesisir Selatan Kalimantan, serta di Papua.

Belokan angin memanjang di sekitar Equator (Near Equatorial Trough).

Low level jet dengan kecepatan angin terpantau >25kt terdapat di Samudra Pasifik Timur Philipina hingga Laut Cina Selatan.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved