Breaking News:

Kapal Tenggelam

KSOP Tanjungpandan Bahas Evakuasi Kapal, Tenggelamnya KM Putra Sentosa II Tidak Ganggu Pelayaran

Evakuasi terhadap kapal yang membawa tabung GAS LPG kosong tersebut harus dilakukan secara betul-betul, agar tidak menganggu pelayaran kapal lain.

Posbelitung/Disa Aryandi
Ribuan tabung gas LPG, Selasa (17/12/2019) saat di evakuasi oleh petugas di Pos TNI AL Tanjungpandan 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Petugas Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli, Kantor Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Tanjung Pandan Fadli mengatakan, sekarang ini sedang membahas untuk melakukan evakuasi terhadap KM Putra Sentosa II yang tenggelam di Karang Gelombang, atau sekitar 5 kilometer (Km) di depan Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Pasalnya, evakuasi terhadap kapal yang membawa tabung GAS LPG kosong tersebut harus dilakukan secara betul-betul, agar tidak menganggu pelayaran kapal lain.

"Kami sedang berupaya melakukan evakuasi terhadap kapal itu, jangan sampai nanti saat evakuasi, kapalnya tenggelam di alur, jadi kacau juga alur kita nanti," jelas Fadli kepada Posbelitung.co, Selasa (17/12/2019).

Breaking News: KM Sentosa Tenggelam Menghantam Karang Gelombang

KM Sentosa Tenggelam di Perairan Belitung Hendak Bawa 3.360 Tabung Gas ke Pangkalpinang

Posisi kapal yang tenggelam ini, kata Fadhli, tidak berada di alur kapal, sehingga tidak menganggu arus lalu lintas pelayaran di perairan yang biasa di sebut Bui Hijau tersebut.

"Dia berada di pinggir alur, sudah berada di atas karang. Jadi tidak menganggu lalu lintas kapal lain. Kondisi kapal sekarang sudah bocor dan itu di picu dari kerusakan mesin kapal," kata Fadhil.

Untuk kecelakaan kapal ini, lanjut dia, sekarang ini masih dalam tahap penyidikan, dan mereka masih memintai keterangan terhadap kapten kapal, dan ABK kapal.

"Ini masih dalam penyidikam juga, jadi belum bisa berbicara banyak. Tapi kalau untuk kondisi pelayaran arus lalu lintas kapal, masih tergolong aman," bebernya.

Sebelumnya, KM Putra Sentosa II berangkat dari Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, senin (16/12/2019) sekitar pukul 14.00 WIB. Kapal berbobot 29 grosstone (GT) itu, ingin menuju Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang dengan membawa muatan 3.360 tabung gas LPG dalam keadaan kosong.

KM Sentosa Tenggelam di Perairan Karang Gelombang, Muatan Tabung Gas Ditemukan Mengapung di Laut

VIDEO: Tim Gabungan Evakuasi Ribuan Tabung Gas dari KM Sentosa yang Tenggelam di Perairan Belitung

Sekitar pukul 16.30 WIB kemarin, KM Putra Santosa II itu mengalami kendala mesin tepat di Perairan Bui Hijau atau sekitar 5 kilometer (Km) di depan Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan. Sekitar tiga kali Kapten kapal bernama Effendi berupaya menghidupkan mesin kapal tersebut, namun mesin kapal kembali mati.

Cuaca saat itu, sangat buruk dan ombak cukup besar. Namun nahkoda yang ada di kapal itu terus berupaya menghidupkan mesin kapal.

"Setelah itu kami lego jangkar, sambil meminta bantuan dengan kapal lain," kata Effendi kepada Posbelitung.co, selasa (17/12/2019).

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved