Breaking News:

Kapal Tenggelam

Tenggelamnya Kapal Pengangkut Tabung Gas LPG, Mesin KM Putra Sentosa II Tiba-Tiba Mati

Kapten Kapal KM Putra Sentosa II Effendi menceritakan, kapal yang dikemudikan olehnya tersebut sehingga bisa mengalami kecelakaan laut ini.

Posbelitung/Disa Aryandi
Ribuan tabung Gas LPG dari KM Putra Sentosa II yang tenggelam di Perairan Bui Hijau, Selasa (17/12/2019) saat di evakuasi oleh petugas di Pos TNI AL Tanjungpandan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Kapten Kapal KM Putra Sentosa II Effendi menceritakan, kapal pengangkut tabung gas LPG yang dikemudikan olehnya tersebut sehingga bisa mengalami kecelakaan laut ini.

Kejadian ini, di awali dengan kapal kayu berbobot 29 grosstone (GT) tersebut mengalami kerusakan mesin.

Kondisi tersebut membuat kapal yang sedang berlayar dari Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung menuju Pangkalbalam, Pangkal pinang itu, secara tiba-tiba mati di Perairan Bui Hijau atau sekitar 5 Kilometer (Km) didepan Pantai Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Belitung.

.

"Mesinnya rusak. Itu kejadiannya, kalau kapalnya tenggelam jam 11 tadi malam (pukul 23.00 WIB, Senin tanggal 16 Desember 2019)," ucap Effendi kepada Posbelitung.co, selasa (17/12/2019).

Di kapal tersebut, saat kejadian Effendi dan tiga ABK KM Putra Sentosa II tersebut yaitu Indraz Ferdy Febrians, dan Halim.

"Kami sudah berusaha menghidupkan mesin tiga kali, tapi mati terus, kemudian kami lego jangkar, tapi jangkar nya tidak menggigit jadi, tergeser ke arah karang," ujarnya.

Kata Effendi, mereka sempat meminta bantuan kepada kapal lain, namun tidak bisa merapat, lantaran posisi KM Putra Sentosa II sudah berada di atas karang.

"Di tambah lagi, kondisi cuaca ribut dan ombak besar, jadi terdorong terus kapal ini ke karang dan bocor," jelasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved