Breaking News:

Berita Belitung

Fenomena GMC Dikemas Sebagai Wisata Edukasi, Pemkab Belitung Kerahkan Pelajar Hingga Mahasiswa

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang bisa di lihat dari Negeri Laskar Pelangi, sudah disepakati akan dikemas untuk wisata edukasi.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Pemandangan Pantai Tanjung Kelayang 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang bisa di lihat dari Negeri Laskar Pelangi, Kamis (19/12/2019) sudah disepakati akan dikemas untuk wisata edukasi.

Titik fokus pemantauan fenomena alam itu, pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Mirang Uganda mengatakan, fenomena alam tersebut  memang disambut baik oleh pemerintah daerah.

"Karena dari hasil pertemuan dan kami sepakati, fenomena alam ini sebagai wisata edukasi atau untuk memberikan edukasi kepada masyarakat," ungkap Mirang Uganda kepada Posbelitung.co, Kamis (19/12/2019).

Bukan hanya menyaksikan edukasi terhadap GMC tersebut, nantinya di Pantai Tanjung Kelayang yang di fasilitasi bersama dengan BMKG pusat. Namun di Pendopo Tanjung Kelayang akan ada Salat Gerhana.

"Kemudian di moment ini nanti, akan dipadukan juga dengan festival durian sebagai pendukungnya. Kami nanti akan pengerahan massa dari pelajar, mahasiswa serta masyarakat. Kami harap nanti sebanyak mungkin yang hadir," jelasnya.

Menurut Mirang, untuk melihat GMC sendiri nanti akan dibantu dengan menggunakan alat dari BMKG. Alat tersebut nantinya akan di sambung ke proyektor, agar nantinya bisa terlihat jelas.

"Kalau mata telanjang kurang begitu jelas, itu ada nanti alat dari BMKG pusat di bawa ke sini, dan tentu akan memperjelas fenomena itu. Termasuk wisatawan nanti boleh menyaksiksan juga, apalagi ini waktu pas liburan sekolah," bebernya.

Foto detik-detik terjadinya gerhana matahari
Foto detik-detik terjadinya gerhana matahari (TRIBUN TIMUR/MUHAMMAD ABDIWAN)

Titik Pantau Pantai Tanjung Kelayang

Pemerintah Kabupaten Belitung, Kamis (19/12/2019) melakukan rapat persiapan pengamatan Gerhana Matahari Cincin (GMC). Hasil rapat tersebut, titik fokus untuk pengamatan GMC, terletak di Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Halaman
123
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved