Breaking News:

Berita Belitung

Kartu Pra-Kerja Dinilai Baru Sebatas Wacana, Dinas KPTK Kabupaten Belitung Belum Dapat Petunjuk

Program ini ditujukan bagi para pencari kerja dan pekerja yang terkena putus hubungan kerja (PHK). Untuk pemegang kartu ini,

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Adnizar 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kartu pra-kerja sudah di wacanakan oleh Pemerintah Pusat, akan diterbitkan pada bulan Januari 2020 mendatang.

Kartu pra-kerja merupakan sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka program pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.

Kartu pra-kerja tersebut pula, merupakan program pelatihan vokasi. Program ini ditujukan bagi para pencari kerja dan pekerja yang terkena putus hubungan kerja (PHK). Untuk pemegang kartu ini, ditujukan kepada pencari kerja berusia 18 tahun.

"Tapi sampai sekarang, terkait dengan kartu pra-kerja itu belum ada petunjuk sama sekali dari Kementerian maupun edaran pak Presiden langsung," kata Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKPTK) Kabupaten Belitung Adnizar kepada posbelitung.co, kamis (19/12/2019).

Berkemungkinan, kata Adnizar, kartu tersebut akan diterbitkan pada Januari tahun 2020 mendatang, baru sebatas wacana belakang, lantaran hingga sekarang belum ada petunjuk apapun dari Pemerintah pusat.

"Ya memang banyak penafsiran, kartu pra-kerja ini seolah-olah ada jaminan hidup. Kami tidak bisa memberikan penjelasan apapun, karena belum ada juklak dan juknis nya," ujarnya.

Namun, penafsiran Adnizar, kartu pra-kerja itu, merupakan sebuah kartu untuk mencari kerja bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas, yang belum memiliki pekerjaan.

"Ya kalau kami menafsirkan nya seperti itu, ya seperti kartu pencari kerja. Memang Januari 2020 akan di terbitkan, tapi kami belum dapat surat apapun terkait itu. Soal nya belum tau juga apa yang akan diberikan, apakah pemerintah pusat atau daerah yang mengeluarkan," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi) 

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved