Breaking News:

Berita Belitung

Waspada Musim Hujan, Dinas Kesehatan PPKB Belitung Timur Imbau Hal Ini Terkait DBD

Peralihan antara musim panas dan musim penghujan saat ini sedang terjadi. Dalam kondisi ini penyakit yang rawan menyerang yakni demam berdarah.

Posbelitung/Bryan Bimantoro
Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir 

POSBELITUNG.Co,BELITUNG-- Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Belitung Timur Muhamad Yulhaidir mengimbau masyarakat Belitung Timur agar waspada dalam cuaca seperti sekarang ini.

Peralihan antara musim panas dan musim penghujan saat ini sedang terjadi. Dalam kondisi ini penyakit yang rawan menyerang manusia yakni demam berdarah.

Di Belitung Timur sendiri, lanjutnya, ada titik-titik tertentu yang rawan merebaknya penyakit ini. Namun, pihaknya sudah mengantisipasi dan siaga dalam pencegahannya.

"Hal yang terpenting yakni masyarakat harus membersihkan pekarangan rumah. Kira-kira jika ada air menggenang segera keringkan dan jangan dibiarkan," imbau Yulhaidir saat ditemui posbelitung.co di kantornya, Kamis (19/12/2019).

Saat ini, beberapa desa sudah mulai bersih-bersih termasuk dalam saluran-saluran air. Membersihkan got-got yang banyak sampah serta mengajak masyarakat agar tidak membiarkan tumpukan sampah di pekarangannya.

"Di rumah-rumah amati tempat penyimpanan sepatu, gantungan-gantungan baju, dan tempat-tempat lembab yang disukai nyamuk. Segera diantisipasi," kata Yulhaidir.

Lebih lanjut, pihaknya juga mengupayakan pemfoggingan. Namun, ia menitikberatkan bukan difogging namun ke bentuk preventif lainnya seperti kesadaran masyarakat dalam membersihkan rumah dan lingkungannya.

Ia berharap masyarakat bisa menyadari bahwa kewaspadaan ini demi kebaikan bersama. Jika Beltim sehat maka masyarakat juga akan merasa aman dan nyaman. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved