Berita Belitung

Telkomsel dan BUMD Babel Lakukan MoU Kembangkan Ekosistem Digital

untuk pengembangan solusi digital untuk sector industry pertanian, sektor perdagangan serta pengembangan infrastruktur

Telkomsel dan BUMD Babel Lakukan MoU Kembangkan Ekosistem Digital
IST
(Dari kiri ke kanan) Direktur Utama PT. Bumi Bangka Belitung Sejahtera, H. Saparudin, Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan dan VP Synergy Management Telkomsel, Rudolf Hermanses berfoto Bersama sesaat setelah penandatangaan MoU terkait digitalisasi Provinsi Bangka Belitung melalui penerapan teknologi IoT dari Telkomsel pada Senin (23/12/2019) di kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Telkomsel sebagai digital telco company senantiasa berupaya mengakselerasikan negeri dengan mendorong penerapan teknologi digital untuk membangun ekosistem digital di berbagai sektor.

Kali ini Telkomsel menjalin kolaborasi Bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bangka Belitung, PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S), untuk pengembangan solusi digital untuk sector industry pertanian, sektor perdagangan serta pengembangan infrastruktur.

Kolaborasi Telkomsel dan PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Sinergi Pengembangan Ekosistem Digital Bangka Belitung pada Senin (23/12) di kantor Gubernur Bangka Belitung.

Penandatanganan MoU ini juga turut disaksikan oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan.

Vice President Synergy Management Telkomsel Rudolf Hermanses mengatakan, pihaknya menyambut baik kolaborasi yang dijalin dengan BUMD Bangka Belitung, PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S). Sekaligus berterima kasih kepada Pemprov Babel yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk menjadi penyedia solusi digital di berbagai lini industri di Babel.

"Dengan kolaborasi ini Telkomsel berkesempatan untuk terus bergerak maju mengakselerasikan negeri khususnya dalam mendorong kemajuan industri pertanian, perdagangan serta pembangunan infrastruktur di Bangka Belitung melalui pemanfaatan teknologi tepat guna,” kata Hermanses dalam rilis yang diterima posbelitung.co, Selasa (24/12/2019).

Pada kolaborasi ini, Telkomsel dan BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) sepakat melakukan penerapan teknologi digital IoT di sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas lima komuditas potensial di Babel, di antaranya lada, karet, kelapa, kelapa sawit dan kopi.

Penerapan teknologi ini dilakukan Bersama dengan partner strategis IoT Telkomsel di bidang pertanian, Habibi Garden. Selain itu, Telkomsel juga akan melakukan implementasi pemanfaatan teknologi IoT eFishery untuk mengakselerasi bisnis perikanan.

Di sektor perdagangan, Telkomsel akan membantu pengembangan bisnis Berkah Mart, lini bisnis yang berafiliasi dengan BUMDes Bangka Belitung.

Telkomsel akan mendorong adopsi penggunaan sistem digital dalam setiap transaksi. Nantinya Berkah Mart juga akan menjadi rekan penjualan berbagai produk Telkomsel.

Sementara itu, untuk di sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi, Telkomsel akan memberikan dukungan dalam hal sub sektor telekomunikasi berupa akses telekomunikasi di sepanjang jalur transportasi dan daerah yang menjadi lokasi implementasi solusi digital di Bangka Belitung.

Akses telekomunikasi ini juga nantinya akan dimanfaatkan Telkomsel dan mitra strategis Banapolis untuk menghadirkan Telkomsel Bike Sharing System, sebuah layanan sewa sepeda digital berbasis GPS.

“Implementasi solusi digital tersebut diharapkan akan membantu BUMD PT Bumi Bangka Belitung Sejahtera (B3S) serta Pemerintah Provinsi Bangka Belitung untuk bisa mengembangkan usahanya, seraya meningkatkan efisiensi dan produktivitas pada operasional bisnis. Kolaborasi ini juga sejalan dengan misi Telkomsel untuk terus bersinergi dengan pemerintahan dan lintas industri dalam rangka mendorong pemanfaatan teknologi digital”, tambah Hermanses. (*)

Penulis: Novita
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved