Berita Belitung

BUMD Belitung Kejar Target, PLTBN Mulai Beroperasi April 2020

persiapan demi persiapan sudah dilakukan, selain itu pihaknya juga telah bekerjasama dengan PLN terhadap pengoperasian PLTBN

BUMD Belitung Kejar Target, PLTBN Mulai Beroperasi April 2020
Istimewa/PT Belitong Mandiri
PLTBN di Suge, Desa Pegantungan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung 

POS BELITUNG.CO, BELITUNG -- Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Belitong Mandiri Azrul Azwar mengatakan, pada tahun 2019 ini selain menjalankan bisnis yang sudah eksis beroperasi.

Pihaknya juga sedang fokus memastikan beroperasinya Pembangkit Listrik Berbahan Bakar Nabati (PLTBN) dengan kapasitas 5 Mega Watt yang ada di Suge, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung.

Ia menjelaskan, persiapan demi persiapan sudah dilakukan, selain itu pihaknya juga telah bekerjasama dengan PLN terhadap pengoperasian PLTBN.

"Ditargetkan bulan April 2020 sudah beroperasi," ungkap Azrul Azwar kepada posbelitung.co, Kamis (26/12/2019).

Lanjutnya, PLTBN ini nantinya akan dijadikan suatu unit bisnis yang dapat menjadi kontributor signifikan bagi pendapatan perusahaan.

Diakuinya, walaupun demikian masih ada persoalan sampai saat ini belum bisa dipecahkan terkait harga Crude Palm Oil (CPO) kelapa sawit sebagai bahan bakar energi yang masih terbilang cukup mahal.

Sebab, seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Kabupaten Belitung memproduksi CPO yang kapasitas tinggi. tidak ada yang memproduksi secara spesifikiasi CPO yang bisa digunakan sebagai bahan energi bagi pengoperasian PLTBN.

"Karena pengoperasian PLTBN ini hanya menggunakan spesifikasi CPO yang menengah rendah kebawah," jelas Azrul Azwar.

Ia menyebutkan, pengoperasian PLTBN satu jam membutuhkan 500 liter CPO dari kelapa sawit. Jadi kalau ditotalkan apabila pengoperasian dihitung satu bulan kurang lebih membutuhkan 3900 kilogram atau 390 ton.

"Tapi kurang lebih 3000 sampai 4500 ton, tergantung dengan kontrak PLN mau beroperasi berapa lama. Sebab ini bertujuan membantu penyuplain tenaga Listrik PLN guna memberikan penerangan di Kabupaten Belitung," pungkas Azrul Azwar.

Penulis: Ferdi Aditiawan
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved