Breaking News:

Gerhana Matahari Cincin

Fase Aman Menyaksikan Gerhana Matahari Cincin Hari Ini, Berikut Penjelasan BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis pernyataan resmi yang menginformasikan bahwa akan terjadi gerhana matahari

NASA
Gerhana matahari cincin 

POSBELITUNG.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis pernyataan resmi yang menginformasikan bahwa akan terjadi gerhana matahari pada Kamis (26/12/2019).

Fenomena alam ini menjadi gerhana terakhir di sepanjang tahun 2019.

Sejumlah negara akan menyaksikannya fenomena gerhana matahari, tak terkecuali Indonesia.

Menurut rilis resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jalur cincin gerhana ini akan melewati 25 pusat kota dan kabupaten di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Kasubid Analisis Geopot & Tanda Waktu BMKG, Suaidi Ahadi, mengungkapkan terdapat fase aman untuk menyaksikan gerhana matahari, yaitu ketika matahari sudah full kontak.

"Fase aman sebenarnya diawali dari ketika matahari sudah full kontak karena ketika proses kontak sampai nanti dia lepas lagi itu fase yang tidak aman sebenernya," terang Suaidi dalam wawancaranya yang ditayangkan Metro TV.

Meskipun demikian, Suaidi mengimbau masyarakat untuk tidak menatap gerhana terus menerus meskipun dalam fase aman.

"Kalau matahari sudah full kontak, sudah gerhana matahari total atau gerhana matahari cincin nanti full kontak, itu sudah aman tapi jangan dilihat terus," ujarnya.

Selama ini, banyak masyarakat yang mengira proses gerhana matahari itulah yang aman untuk dilihat.

Suaidi mengatakan, justru saat matahari dalam proses menuju gerhana, fase tersebut lebih berbahaya dan berisiko terjadi masalah kesehatan pada retina.

Halaman
1234
Penulis: tidakada008
Editor: Rusmiadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved