Gerhana Matahari Cincin

Pelajar dan Warga Tepat Jam 10.40 WIB Lihat Gerhana Matahari Cincin di Pantai Tanjung Kelayang

Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), yang diamati melalui Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung,mulai terjadi kontak pertama

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Pelajar dan masyarakat, Kamis (26/12/2019) menyaksikan GMC di Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), yang diamati melalui Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kamis (26/12/2019) mulai terjadi kontak pertama.

Tempat pukul 10.40 WIB tadi, bulan mulai menutupi matahari mulai terjadi tempat tersebut. Hingga sekarang fenomena alam tersebut, masih terus terjadi dan terpantau dari pantai Tanjung Kelayang.

Tidak sedikit pelajar dan warga menyaksikan fenomena tersebut secara langsung, dengan menggunakan kacamata khusus. Kacamata yang dipergunakan, sama dengan kacamata yang dipergunakan saat menyaksikan Gerhana Matahari Total (Total).

"Jangan melihat langsung, nanti bisa merusak mata. Kami ada sediakan kacamata khusus, tapi tidak banyak," kata Kepala Pusat Seismologi Teknik Geofisika Potensial dan Tanda Waktu Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno, kamis (26/12/2019).

Edukasi

Sebelumnya, Bambang Setiyo Prayitno melakukan persentasi kepada ratusan pelajar dan warga di Pendopo Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Persentasi tersebut dilakukan, sebagai bentuk edukasi sebelum pelajar dan masyarakat melakukan pengamatan bersama terhadap Gerhana Matahari Cincin (GMC).

"Kenapa hari ini, karena bulan mulai melintas menghalangi sinar matahari (bulan melintas di atas Indonesia) dan waktunya kontak pertama di mulai pukul 10.41 WIB," jelas Bambang.

Namun, kata Bambang, untuk di Belitung ini fenomena tersebut tidak terjadi sepenuhnya atau 100 persen, sehingga hanya bisa di saksikan sebagian saja.

"Jadi tidak berbentuk cincin nanti nya, jadi di sebut hanya gerhana sebagaian dan mudah - mudahan tidak ada awan, cuaca mendukung, agar bisa di saksikan," kata Bambang.

Puncak dari GMC tersebut, pukul 12.33 WIB dan akan berakhir pada pukul 14.00 WIB. Namun kontak pertama terjadinya GMC itu, pukul 10.41 WIB.

(Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved