Breaking News:

Berita Belitung

Ini Desa Terbersih dan Lima Desa Terkotor Versi Pemerintah Kabupaten Belitung

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Jumat (27/12) menyerahkan penghargaan kepada Desa kategori terbersih dan terkotor.

Posbelitung.co/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem), Jumat (27/12) menyerahkan penghargaan kepada desa kategori terbersih dan terkotor. 

Ini Desa Terbersih dan Lima Desa Terkotor Versi Pemerintah Kabupaten Belitung

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah Kabupaten Belitung, Jumat (27/12/2019) menetapkan desa kategori terbersih. Ada lima desa di Kabupaten Belitung sekarang ini sudah ditetapkan sebagai desa terbersih selama tahun 2019.

Bukan hanya desa kategori terbersih saja kini ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung. Namun ada lima desa kategori terkotor yang di tetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung.

"Jadi indikator penilaian kami untuk kategori Desa terbersih, pertama keberadaan timbulan sampah atau tempat pembuangan sampah ilegal, kedua kami melihat keberadaan dari satgas lebah di Desa tersebut, ketiha ada atau tidak di Desa itu kelompok swadaya sampah, dan ke empat komitmen Desa dalam mengalokasikan anggaran dana Desa untuk kebersihan," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung Edi Usdianto kepada posbelitung.co, Jumat (27/12/2019).

Dari empat item tersebut, ke lima desa di Kabupaten Belitung seperti Desa Aik Pelempang Jaya, Desa Membalong, Desa Gual, Desa Aik Seruk dan Desa Badau memenuhi item - item tersebut.

"Kami sudah rapat, dan hasilnya lima desa itu yang kami tetapkan sebagai Desa kategori terbersih," ujarnya.

Sedangkan untuk kategori Desa terkotor, kata Edu-biasa sapa, dilihat dari jumlah timbulan sampah paling banyak, tidak ada satgas Lebah, tidak ada kelompok masyarakat yang mengelola sampah, dan alokasi anggaran dari Desa tidak ada untuk keperluan kebersihan.

Lima Desa kategori terkotor tersebut, Desa Aik Sagak, Desa Tanjung Rusa, Desa Pegantungan, Desa Gersik, dan Batu Itam.

"Penilaian Desa terbersih dan terkotor itu juga, ini di padukan dengan hasil masukan dari kecamatan - kecamatan. Penilaian yang di berikan Kecamatan, sama dengan hasil perhitungan tim dinas lingkungan hidup," jelasnya.

Khusus untuk kategori desa terbersih, kemarin secara langsung menerima penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung berupa plakat dan piagam. Sedangkan untuk kategori desa terkotor, juga mendapat penghargaan yaitu sapu lidi yang bagian gagang sapu tersebut di cat warna hitam.

Halaman
12
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved