Breaking News:

Berita Belitung

Predikat Desa Terbersih dan Terkotor, Kata Bupati Belitung Sebagai Bentuk Motivasi

Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, adanya penilaian dan penetapan kepada desa kategori terbersih dan terkotor, merupakan motivasi

Posbelitung/Disa Aryandi
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Jumat (27/12) menyerahkan sapu kepala desa sebagai simbol kepada desa terkotor. 

Predikat Desa Terbersih dan Terkotor, Kata Bupati Belitung Sebagai Bentuk Motivasi

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengatakan, adanya penilaian dan penetapan kepada desa kategori terbersih dan terkotor, merupakan  motivasi terhadap Pemerintah maupun masyarakat secara keseluruhan.

Ini sebagai bentuk, bahwa untuk persoalan sampah itu sekarang ini sebagai bentuk keseriusan yang harus ditanggulangi bersama, sehingga, bukan hanya pembuangan sampah saja ke depan yang harus menjadi perhatian serius, melainkan pengelolaan sampah tersebut yang harus dilakukan penataan dengan baik.

"Jadi bukan hanya berbicara terkait pembuangan saja, tapi juga terkait dengan pengelolaan sampah juga. Kami melihat desa yang terbersih ini, bukan hanya bersih semata, tapi ada beberapa inovasi dalam perihal pengelolaan sampah itu sendiri, baik itu pengelolaan sifatnya melalui kelompok maupun melalui program," kata Sahani Saleh yang akrab disapa Sanem kepada Posbelitung.co, Jumat (27/12/2019).

Penilaian ini lanjutnya, sebagai bentuk melatih masyarakat maupun pemerintah, untuk urusan sampah tersebut harus menjadi persoalan yang serius, lantaran Belitung sebagai daerah wisata.

"Jadi betul-betul secara kebersamaan pemerintah dan masyarakat harus berkesinambungan," ucapnya.

Disisi lain, Sanem mengatakan, dengan adanya persoalan tersebut tentunya semua harus dijadikan motivasi, dan memotivasi Desa maupun masyarakat secara umum.

"Masyarakat dan pemerintah berkaitan dengan ini, harus betul-betul sampah ini di kelola, supaya memberikan nilai ekonomis dan positif juga," bebernya.

Program Rapiah

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Jumat (27/12/2019) meluncur program baru untuk mengatasi sampah di Negeri Laskar Pelangi.

Halaman
1234
Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved