Breaking News:

Berita Beltim

Inilah Wawancara Eksklusif Soal Pemantapan Pusat Informasi Geologi di Kelapa Kampit

Keberadaan PIG guna mendukung pengembangan Taman Bumi atau Geopark Pulau Belitong. Semula pengalihannya tercetus saat rapat focus group discussion

Posbelitung.co/ist.BPGeopark
Beberapa sudut PIG di Kelapa Kampit beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELTIM --- KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengalihkan Pusat Informasi Geologi (PIG) dari Maros ke Pulau Belitung.

Lokasi tepatnya di wilayah Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Proyek ini hampir rampung serta dijadwalkan mulai beroperasi awal 2020 mendatang.

Keberadaan PIG guna mendukung pengembangan Taman Bumi atau Geopark Pulau Belitong. Semula pengalihannya tercetus saat rapat focus group discussion (FGD) yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) pada April lalu di Jakarta.

Acara dihadiri pihak Kemen ESDM, Kemenko Maritim, Pemprov Babel, Pemkab Belitung, Pemkab Beltim, dan BP Geopark Belitong.

Seperti apa proses pembangunan PIG serta pemanfaatannya ke depan?

SIMAK: Berikut wawancara eksklusif Wartawan Pos Belitung Bryan Bimantoro dengan Ketua Geopark Pulau Belitong Yuspian, Kamis (28/12).

T: Bisa diceritakan proses pengalihan PIG dari Dabo Singkep ke Pulau Belitung?

Yuspian: Terkait pengalihan lokasi pembangunan PIG, seluruhnya merupakan keputusan badan geologi selaku pengguna anggaran (dana APBN). Hanya saja dari BP memang mengusulkan agar pulau Belitong mendapat prioritas, mengingat potensi warisan geologi dan sejarah timah yang dimiliki pulau belitung sangat luar biasa, terbukti dengan status Nasional Geopark yanh sudah di dapat ditambah hasil assessment UNESCO GLOBAL GOPARK (UGGp) yang masih dlm proses mendapatkan ststus Global.

Perlu diluruskan bahwa pemindahan ini bukan dari Dabo Singkep namun dari Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan yakni Geopark Nasional Maros Pangkep.

T: Kalau dilihat dari waktunya, pengalihan ini kan mepet. Apa yang membuat pemda dan Sekretariat BP Geopark Belitong berani menyanggupinya?

Halaman
1234
Penulis: Bryan Bimantoro
Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved