Setiap Kecelakaan di MotoGP, Segini Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Perbaikan Motor

Seiap kecelakaan di MotoGP bisa menghabiskan biaya 15.000 sampai 100.000 euro.

Setiap Kecelakaan di MotoGP, Segini Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Perbaikan Motor
Twitter/Marc Marquez
Kecelakaan dialami Marc Marquez di MotoGP Australia, Minggu (23/10/2016) 

POSBELITUNG.CO - Pebalap dituntut untuk tampil maksimal saat berkompetisi di lintasan sirkuit, tak terkecuali bapalan MotoGP.

Tak jarang upaya maksimal pembalap menjadi petaka kecelakaan, dengan tingkatkan kerusakan motor luar biasa.

Berapa biaya yang keluar saat seorang pembalap terjatuh? Pertanyaan itu mungkin muncul di pikiran, ketika melihat sebuah motor balap terguling di atas gravel.

"Sebuah kecelakaan di MotoGP bisa menghabiskan biaya 15.000 sampai 100.000 euro," kata Chistophe Bourguignon, teknisi kru LCR Honda, dilansir BolaSport.com dari GPOne.

Perkiraan 15 ribu euro kurang lebih setara dengan 232 juta rupiah, bila dikonversikan menurut nilai mata uang ketika berita ini ditulis.

Sementara 100 ribu euro nilainya kurang lebih 1,5 miliar apabila dirupiahkan. Sebuah harga yang mahal tentunya bagi kaum awam.

Adapun dalam sebuah kompetisi di MotoGP, hal tersebut sudah menjadi risiko yang diambil. Bahkan kendati kecelakaan yang terlihat biasa saja bisa menguras bujet mereka.

Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, ketika mengalami kecelakaan hebat,
Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, ketika mengalami kecelakaan hebat, (DOK. MOTOGP)

"Motor yang mereka gunakan berat dan sangat cepat, jadi tidak ada yang namanya kecelakaan kecil," ujar Bourguignon menjelaskan.

"Jika Anda terjatuh karena kehilangan grip depan [low side], setidaknya fairing, semi-handlebar, dan perangkat berbahan karbon lainnya akan rusak."

Bourguignon memberi contoh, satu set cakram rem karbon bisa menghabiskan dana 10 ribu euro (Rp155 juta). Setiap kali pembalap terjatuh, mereka harus menggantinya.

Halaman
12
Editor: rusmiadi
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved