Breaking News:

Berita Belitung

HAS Hanandjoeddin Kembali Diusulkan Sebagai Pahlawan Nasional, Rencana Bangun Monumen Disini

Pemerintah Kabupaten Belitung, rabu (8/1/2020) kembali mengusulkan H AS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional dari Belitung

Penulis: Disa Aryandi
Editor: nurhayati
Dok/Protokol dan Dokumentasi Setda Pemkab Belitung
Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) berfoto bersama dengan pejabat di Pemerintah Malang. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG-- Pemerintah Kabupaten Belitung, Rabu (8/1/2020) kembali mengusulkan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional dari Belitung.

Usulan pahlawan ini pula, sangat berkaitan erat dengan rencana pembangunan monumen HAS Hanandjoeddin.

Lantaran pembangunan monumen tersebut merupakan salah satu syarat untuk terpilih nya HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional.

"Maka dari itu, kami usulkan kembali. Ini tahun kedua kami mengusulkan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional dari Belitung," ucap Bupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) kepada Posbelitung.co, rabu (8/1/2020).

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung kini sudah berkoordinasi kepada Pemerintah Malang untuk pembangunan monumen HAS Hanandjoeddin tersebut.

"Jadi kami minta dukungan kepada Kabupaten Malang, karena Malang ini ada hubungan dengan usulan pahlawan HAS Hanandjoeddin ini. Dulu kami pernah usulkan, tapi ada syarat yang belum bisa terpenuhi, sekarang kami usulkan kembali," ungkapnya.

Menurut Sanem, HAS Hanandjoeddin harus kembali diusulkan sebagai pahlawan nasional dari Belitung. Ini mengingat, sosok Hanandjoeddin sendiri, dikenal sebagai pejuang kemerdekaan dan menjadi salah pencetus terbentuknya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) Angkatan Udara.

"Beliau ini (HAS Hanandjoeddin) lama bertugas di Pangkalan TNI AU di Bugis ini (Abdulrahman Saleh) Malang, dan menjadi komandan teknik di Bugis dan berhasil memperbaiki sekitar 30 pesawat rampasan dari Jepang dan di serahkan ke lapangan Adi Sucipto Yogyakarta," bebernya.

Untuk meloloskan usulan, agar HAS Hanandjoeddin ini ditetapkan atau di setujui sebagai pahlawan nasional, lanjut Sanem, Pemerintah Kabupaten Belitung berencana untuk membangun monumen di kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

"Kami sudah siapkan anggaran untuk pembangun monumen itu, hanya saja memohon dukungan dan meminta support dari Pemerintah Malang, agar dapat merealisasikan keinginan kami. Terutama terkait dengan lahan," jelasnya.

Dari hasil komunikasi dengan Pemerintah Malang, menurut Sanem, disarankan untuk pembangunan monumen tersebut di area Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh, lantaran dinilai ada bukti sejarah perjuangan sosok HAS Hanandjoeddin.

"Iya, kemarin hasil komunikasi nya, untuk pembangunan monumen itu, Belitung di persilahkan di wilayah Tumpang dan mereka sangat mendukung," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved