Breaking News:

Berita Belitung

Ini Rencana Untuk Jangka Panjang Pembuatan Akta Kelahiran, Akan di Buat Seperti ATM Perbankan

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung Robert Harison mengatakan, sudah memiliki rencana untuk membuat program Adm

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Disa Aryandi
Robert Harison 

Ini Rencana Untuk Jangka Panjang Pembuatan Akta Kelahiran, Akan di Buat Seperti ATM Perbankan

POSBELITUNG.CO,BELITUNG-- Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Belitung Robert Harison mengatakan, sudah memiliki rencana untuk membuat program Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kabupaten Belitung.

Program ini, adalah program Pemerintah Pusat dalam memberikan layanan administrasi kependudukan (Adminduk), lebih cepat dan tepat.

Program tersebut, prioritas dalam memberikan pelayanan adminduk berupa pembuatan akta kelahiran bagi bayi baru lahir. Program itu, sekarang sudah dilaunching oleh Dirjen Dukcapil pada akhir 2019 lalu di Jakarta.

"Kabupaten/Kota memang di harapkan dari Pemerintah pusat untuk segera merealisasikan ADM ini di spot- spot atau titik -titik tertentu. Ini untuk mempermudah masyarakat dalam jangkuan masyarakat, dalam memberikan pelayanan," kata Robert kepada posbelitung.co, rabu (8/1/2020).

Bentuk ADM tersebut, sama seperti ATM di perbankan. Warga yang ingin membuat Akta Kelahiran, cukup melakukan registrasi di website dukcapil, atau datang ke kantor Dukcapil Kabupaten Belitung. Setelah itu, maka langsung melakukan pencetakan di ADM tersebut.

Setelah melakukan registrasi ini, warga yang sudah mengajukan tersebut akan langsung mendapatkan kartu seperti ATM. Namun bukan hanya Akta Kelahiran saja yang bisa digunakan melalui ADM ini, namun pencetakan Kartu Keluarga (KK) juga bisa dilakukan.

"Jadi sistem nya online. Untuk Belitung sendiri mengenai keberadaan ADM ini, kami berupaya untuk dapat, tetapi kita harus menyiapkan lagi sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk itu. Rencana kami di APBD perubahan nanti, karena di APBD Induk 2020 ini belum terakomodir," ujarnya.

Ini, lanjut dia, tentu akan mempermudah pelayanan adminduk. Biasa percetakan adminduk ini, apabila dilakukan secara manual bisa memakan waktu tiga hingga enam hari. Namun apabila melalui ADM tersebut, bisa langsung dilakukan print out.

"Jadi nanti akan terintegrasi, apabila sistem di laspaper tidak perlu kehadiran, jadi masyarakat itu sudah aplikasi di online, pada saat percetakan dokumen itu ada tempat - tempat yang dia bisa mencetak," jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved